Share

Nih Deretan Pemenang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional, Siapa Saja?

Siska Permata Sari, Okezone · Senin 28 Agustus 2017 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 65 1764692 nih-deretan-pemenang-pekan-ilmiah-mahasiswa-nasional-siapa-saja-zqVfZarJry.jpg Foto: Dok UB

JAKARTA - Ajang bergengsi bagi mahasiswa se-Indonesia sudah usai. Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-30 yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar tersebut telah menelurkan juara-juaranya.

Tahun ini, Universitas Brawijaya (UB) Malang kembali keluar sebagai juara umum Pimnas ke-30. Kemenangan tersebut diraih UB dengan menggondol delapan emas. Empat emas di antaranya dominan diraih oleh Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB.

Melansir dari laman UB, Senin (28/8/2017), medali yang berhasil dibawa pulang tim UB yakni empat emas dan dua perunggu di kategori presentasi. Sementara untuk kategori poster UB berhasil membawa pulang dua emas, dua perak, satu perunggu dan satu favorit.

Empat emas tersebut berhasil diraih oleh tiga tim dari Program Kreativitas Mahasiswa bidang Karya Cipta (PKM-KC) dan satu Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi (PKM-T).

Tiga tim itu yakni tim Bee Propolist Heat Extractor (B-Protect), sebagai upaya peningkatan mutu produk obat herbal peternakan lebah lokal oleh Rio Bangga Indriawan dan tim. Kemudian ada Non Thermal Pigment Extractor (Normex) sebuah upaya untuk mewujudkan keamanan pangan 2030 dari Nahri Filanto dan tim.

Selanjutnya ada Elegan Cafe alias Electroosmosis Irrigation System For Non-Technical Field, penciptaan solusi irigasi tanaman hortikultura di lahan non-teknis karya Gigih Widyawantoro dan tim.

Sementara satu tim PKM-T yang berhasil meraih medali emas itu dibawa pulang oleh tim Integrated UV Pasteurisation and Chemostat Fermentation Lowgrade-Carrot Kefir Machine atau Inuvine, sebuah aplikasi sistem pengolahan kefir wortel karya Widya Nur Habiba dan tim.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Dekan III FTP bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Tim Pemenangan Pimnas ke-30, Yusuf Hendrawan mengapresiasi keberhasilan mahasiswanya tersebut.

"Saya bersyukur dan bangga tiga tahun berturut-turut FTP selalu mendominasi perolehan medali emas dan selalu menjadi penyumbang emas terbanyak," ujar Yusuf seperti dilansir laman UB.

Universitas Brawijaya sendiri telah mencetak kemenangan Pimnas tiga kali berturut-turut. Bila ditotalkan, perguruan tinggi negeri di Malang ini telah menang Pimnas sebanyak enam kali.

"Sebagai wakil dekan, saya haturkan terima kasih atas dukungan penuh dekan, staf kemahasiswaan, para dosen pembimbing, ARSC, para reviewer internal, serta adik-adik mahasiswa atas prestasi ini," tandasnya.

Di bawah peringkat UB, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berada di posisi dua. Sementara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berada di posisi ke-tiga.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini