Share

Yuk, Intip Persiapan Kampus untuk Hadapi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Siska Permata Sari, Okezone · Rabu 23 Agustus 2017 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 23 65 1761490 yuk-intip-persiapan-kampus-untuk-hadapi-pekan-ilmiah-mahasiswa-nasional-gmQOCvYAiC.jpg Foto: Dok ITS

JAKARTA - Para mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia sedang bersiap menuju ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-30 yang digelar di Kota Makassar.

Persiapan menuju perhelatan ajang bergengsi bagi mahasiswa ini gencar dilakukan oleh tim dari berbagai universitas. Pasalnya, Pimnas akan digelar pada hari ini, Rabu (23/8/2017).

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta belum lama ini melakukan pelepasan simbolis kontingennya yang akan unjuk gigi di ajang tersebut. Tahun ini ada sebanyak 31 tim UGM yang akan berlaga.

"UGM bersama Institut Pertanian Bogor dan Universitas Brawijaya berada diurutan teratas dengan sama-sama mengirimkan 31 tim ke Pimnas 2017," terang Direktur Kemahasiswaan UGM Senawi seperti dilansir dari laman UGM, Rabu (23/8/2017).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Selain UGM, perguruan tinggi yang melakukan persiapan serupa juga dilakukan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kali ini, ITS mengirim 23 tim-nya untuk berlaga di ajang bergengsi bagi mahasiswa se-Indonesia tersebut.

Sebanyak 152 sivitas akademika terbang ke Makassar untuk mengikuti ajang tahunan yang kali ini digelar di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. "Rombongan terdiri dari 98 mahasiswa peserta Pimnas, 12 tim kawal, 11 tim dosen, tujuh orang Tim Tujuh (alumni Pimnas), dan empat staf Direktorat Kemahasiswaan," kata Ketua Tim Kawal Fariz Hartono, seperti dilansir dari laman ITS.

Tim dari ITS juga melakukan diskusi pemantapan demi tampil ajeg di ajang nasional tersebut. Hanik Listyaningrum, salah satu peserta Pimnas 30 kontingen ITS mengatakan ia merasa cukup siap dengan presentasi yang akan ia hadapi.

"Diskusi mengajarkan kami banyak hal tentang teknik presentasi yang sesuai dengan karakteristik masing-masing peserta tim. Misalnya presentasi dengan tenang atau ekspresif. Kedua teknik ini ternyata membuat presentasi menjadi lebih baik," terangnya.

Universitas Brawijaya (UB) Malang

Persiapan juga dilakukan oleh Universitas Brawijaya (UB) Malang yang sama-sama mengirimkan jumlah tim terbanyak selain UGM yakni 31 tim.

Berbeda dengan ITS dan UGM, persiapan yang dilakukan universitas negeri di Malang tersebut dirangkai dengan acara doa bersama dan santunan terhadap anak yatim.

"UB berhasil meloloskan 31 kelompok (145 peserta), jumlah tiga besar terbanyak bersama IPB dan UGM," kata Wakil Rektor III UB Arief Prajitno seperti dilansir dari laman UB.

Sementara Rektor UB Mohammad Bisri mengatakan bahwa kegiatan doa bersama yatim piatu ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar melalui implementasi usaha, kerja keras dan doa.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini, semua usaha seluruh peserta bisa berbuah manis. Perjuangan yang telah kita lakukan sudah maksimal dan melalui proses yang cukup panjang," tuturnya.

Seperti diketahui, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 30 Tahun 2017 kali ini digelar di Universitas Muslim Indonesia di Makassar pada 23 Agustus 2017 hingga berakhir pada 28 Agustus 2017.

Ajang ini diikuti 89 perguruan tinggi se-Indonesia dengan jumlah kelompoknya sebanyak 420 dan terbagi dalam 21 kelas, yang masing-masing terbagi dalam 20 kelompok presentasi.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini