Anak Muda Indonesia Pimpin Kerjasama Asia Pasifik

Marieska Harya Virdhani, Okezone · Rabu 13 Juli 2016 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 13 65 1437214 anak-muda-indonesia-pimpin-kerjasama-asia-pasifik-BtkqaMTKmQ.jpg Anak muda Indonesia yang tergabung dalam organisasi internasional AIESEC menggawangi kerjasama regional Asia Pasifik. (Foto: dok. AIESEC Indonesia)

DEPOK – Indonesia semakin termotivasi untuk melakukan perubahan menuju ke arah positif. Anak muda Indonesia juga terus berupaya untuk menunjukkan kemampuannya dalam upaya membawa nama Indonesia ke kancah Internasional.

Hal ini ditunjukkan melalui kerjasama yang dilakukan oleh AIESEC di Indonesia bersama Thailand. AIESEC adalah organisasi internasional untuk membantu para pemuda mengembangkan potensi kepemimpinan mereka. Organisasi ini fokus mengembangkan kemampuan kepemimpinan para pemuda dan menjadi duta bagi negara mereka di luar negeri untuk menjalankan berbagai proyek sosial.

Hasil dari kerjasama antara AIESEC Indonesia dengan Thailand ini berhasil memberikan pengalaman internasional kepada 200 anak muda Indonesia, dengan tujuan menciptakan lebih banyak anak muda yang siap memimpin. Mereka mengikuti proyek sosial selama enam minggu di Thailand dan terlibat aktif untuk mengajar di beberapa desa terpencil.

"AIESEC yang merupakan organisasi internasional memberikan kapasitas kepemimpinan kepada anak muda. Kerjasama ini kemudian mendapatkan apresiasi dari seluruh AIESEC di negara Asia,” kata Koordinator Asia Tenggara, Nicholas Diaz, Rabu (13/7/2016).

Kerjasama tersebut mendapatkan penghargaan dan diakui dunia. Secara khusus penghargaan diberikan oleh pihak ING Bank di Maroko pada pertemuan Presiden AIESEC dari 127 negara.

"Kami merasa terhormat untuk menerima penghargaan ini, dan juga berharap semoga kerjasama ini tidak hanya hanya dapat dilakukan Indonesia dan Thailand tetapi juga seluruh jaringan AIESEC demi meningkatkan kapasitas kepemimpinan anak muda,"imbuh Nicholas.

Oleh karena itu, pada 8 hingga 10 Juli 2016, Indonesia–Thailand kemudian berinisiatif untuk melakukan Summit secara virtual. Koordinator kerjasama Indonesia-Thailand, Gratia mengatakan, kerjasama ini diikuti oleh lebih dari 15 negara.

"Saya optimistis kita anak muda bisa membawa perubahan yang lebih baik untuk dunia," tandasnya.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini