94 Persen Pelajar SMA Kecanduan Internet

Taufik Budi, Sindo TV · Selasa 10 Mei 2016 17:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 10 65 1384342 94-persen-pelajar-sma-kecanduan-internet-EwI0zcJVxB.jpg Ilustrasi: Shutterstock

SEMARANG - Mudahnya akses internet saat ini membuat banyak kalangan seolah tak pernah lepas dari kehidupan dunia maya. Bahkan, menurut survei yang digelar mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip), sebagian besar siswa SMA kecanduan internet.

"Sesuai hasil riset kami di SMAN 2 Ungaran, 94 persen siswa-siswi di sana mengakses internet setiap hari. Survei itu kami laksanakan pada Maret lalu," ujar mahasiswa D-3 Program Studi Hubungan Masyarakat FISIP Undip, Intan Dwi Artikawati, kepada Okezone, Selasa (10/5/2016).

Gadis berwajah manis itu menerangkan, terdapat 50 responden yang dipilih secara acak dalam penelitian tersebut. Mayoritas pelajar mengakses internet selama satu hingga tiga jam per hari yang digunakan untuk kepentingan berkomunikasi via media sosial.

"Dari 50 responden yang menggunakan internet, 26 persen responden dalam jangka waktu satu hingga tiga jam mengakses internet. Namun ternyata ada juga responden yang tidak mengakses internet karena tidak memiliki perangkatnya," imbuh mahasiswa semester IV itu.

Menurut Intan, kemudahan akses yang diberikan internet membuat penggunanya dapat menerima segala bentuk informasi baik positif maupun negatif. Belum lagi manfaat internet banyak disalahgunakan oleh banyak oknum termasuk remaja.

"Atas dasar itulah kami akan melakukan kampanye internet sehat sebagai bentuk kepedulian terhadap remaja yang melakukan penyalahgunaan internet. Targetnya siswa-siswi SMA khususnya di SMA Negeri 2 Ungaran, pada Kamis 12 Mei," tutur perempuan yang baru merayakan ultah ke-20 itu.

Kampanye akan berbentuk workshop yang berisi pelatihan video kreatif sebagai salah satu contoh penggunaan internet positif. Dengan menggandeng komunitas videografi di Semarang, sebagai pengisi acara. Siswa akan diajari membuat video kreatif untuk kemudian diunggah sebagai bentuk penggunaan media sosial yang bermanfaat dan mengedukasi.

Kampus Okezone menyiarkan hasil SNMPTN 2016. Klik Hasil SNMPTN 2016 - Okezone untuk mengetahui kelulusanmu!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini