Berinovasi dan Menangkan Puluhan Juta di NYIA 2016

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 09 Maret 2016 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 08 65 1330963 berinovasi-dan-menangkan-puluhan-juta-di-nyia-2016-t8IuANDgbX.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Berawal dari kreativitas, lahirlah sebuah inovasi. Ajang National Young Inventor Award (NYIA) 2016 ini pun menjadi wadah bagi inovator muda untuk menciptakan berbagai karya yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Lomba tingkat nasional tersebut menyedikan total hadiah puluhan juta rupiah bagi para pemenangnya. Tak hanya itu, NYIA juga menjadi ajang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menjaring inventor muda, baik untuk kompetisi tingkat regional maupun internasional.

Bagi yang berminat mengikuti ajang ini, terdapat enam kategori yang bisa dipilih, yaitu manajemen bencana, edukasi dan rekreasi, pangan dan pertanian, teknologi ramah lingkungan, keamanan, keselamatan, dan kesehatan, serta teknologi bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus.

Pendaftaran paling lambat dilakukan pada 11 Juli 2016, sedangkan finalis yang lolos akan diumumkan pada 29 Juli melalui laman LIPI atau kompetisi LIPI.

Berikut ini beberapa persyaratan untuk mendaftar NYIA 2016:

1. Usia 8-18 tahun atau siswa setingkat SD, SMP, dan SMA;

2. Perorangan atau kelompok maksimal dua orang;

3. Uraian desain alat peraga dikirimkan secara elektronik melalui laman kompetisi LIPI;

4. Uraian desain alat peraga harus mengikuti template yang disediakan pada halaman unduh di laman kompetisi LIPI;

5. Karya belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut, cek infokompetisi.lipi.go.id.

Selamat mencoba! (ira)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini