Kompetisi Internasional Lahirkan Peneliti Muda

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 20 Juli 2016 18:16 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 20 65 1442587 kompetisi-internasional-lahirkan-peneliti-muda-tV6473Zf3i.jpg Tim pelajar Indonesia meraih emas dalam International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2016 di Harbin, China. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Kemampuan pelajar di Indonesia tak bisa dipandang sebelah mata. Buktinya, beragam prestasi baik tingkat nasional maupun internasional berhasil ditorehkan oleh generasi muda tersebut. Hal ini tak jarang turut membawa harum nama Indonesia di kancah dunia

Keberhasilan tim Indonesia dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2016 di Harbin, China, menjadi satu dari berbagai prestasi yang membanggakan. Apalagi, usia para peserta masih tergolong muda, yakni berstatus pelajar SMA. Inovasi yang diciptakannya pun membuat mereka menjadi peneliti muda Tanah Air.

"Kita harus dapat terus meningkatkan kualitas peneliti remaja dengan kompetisi sejenis di Indonesia. Di tingkat nasional contohnya ada National Young Inventor Award (NYIA) sehingga mereka akan terbiasa berkompetisi dan tertarik pada riset," ujar Sekretaris Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Nuramaliati Prijono, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu (20/7/2016).

Siti menyambut gembira dan bangga atas raihan peneliti remaja tersebut yang telah mengharumkan nama bangsa. Pendapat serupa juga diungkapkan oleh Kepala Kerjasama Hukum dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas. Menurut dia, prestasi para peneliti muda itu dapat menyetimulasi pelajar lain agar mau berinovasi menciptakan karya yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Juga bisa menciptakan bibit unggul peneliti Indonesia di masa depan," tuturnya.

Sedangkan salah satu peserta IEYI 2016 bernama Ryan Timothy Abisha menceritakan, sudah memiliki hobi meneliti sejak kecil. Di ajang ini, dia bahkan berhasil memperoleh perak berkat inovasi Smart Trash Bin. Ke depan, dia ingin melanjutkan penelitiannya sekaligus menciptakan penemuan baru.

"Tahun depan ingin ikut kompetisi ini lagi," pungkas siswa yang baru naik kelas XI itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini