Share

Tunggu Hasil SBMPTN dengan Tenang

Afriani Susanti , Okezone · Rabu 24 Juni 2015 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 24 65 1170451 tunggu-hasil-sbmptn-dengan-tenang-UTt6TQ4FVr.jpg Tetap tenang menunggu pengumuman hasil SBMPTN. (Foto: dok. Okezone)
JAKARTA - Walau kamu sedang menunggu pengumuman hasil SBMPTN 2015, tidak berarti hari-harimu harus dilewati dengan rasa khawatir. Tetap berpikiran positif agar terhindar dari stres.

Nah, supaya bisa lebih merasa tenang, coba lakukan beberapa hal ini.

1. Curhat

Jika kamu termasuk orang yang suka cerita saat galau, jangan menahan diri. Coba, deh, curhat ke orang yang kamu percaya seperti orangtua, teman dekat atau pacar. Bercerita bisa meredakan stresmu, lho!

2. Simpan sendiri

Tetapi, ada juga orang yang lebih suka menyimpan sendiri rasa khawatir mereka. Kalau kamu termasuk kelompok ini, beri tahu orang-orang terdekatmu jika kamu belum ingin bercerita tentang rasa stres karena menunggu hasil SBMPTN 2015.

3. Hobi baru

Belajar hal baru bisa membuatmu tetap sibuk dan melupakan kegelisahan karena menunggu hasil seleksi kuliah. Jadi, enggak ada salahnya mencoba hobi baru.

4. Alternatif kampus

Selain itu, kenapa enggak menyibukkan dirimu juga dengan mencari alternatif kampus, seperti perguruan tinggi swasta. Buat daftar kampus swasta yang memiliki jurusan pilihanmu dengan akreditasi bagus, kemudian ikuti proses pendaftaran dan seleksinya. Selalu memiliki cadangan adalah hal yang baik.

5. Sibukkan diri

Kalau enggak berminat belajar hobi baru, sibukkan dirimu dengan berbagai kegiatan agar pikiranmu tidak fokus pada rasa stres. Kamu bisa masuk kursus atau ikutan klub olahraga.

6. Yoga

Enggak perlu jago, tetapi kamu bisa berlatih yoga. Gerakan-gerakan yoga yang meditatif bisa membuatmu lebih tenang.

7. Berpikir positif

Klise, tapi trik ini cukup efektif menghalau stres. Jangan biarkan pikiran buruk mengantui pikiranmu. Sebaliknya, tetaplah berpikiran positif dan optimistis.

Semoga berhasil, ya!

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini