Share

Ulang Tahun, IKJ Gelar Gebyar Seni & Budaya

Edi Hidayat, Okezone · Selasa 23 Juni 2015 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 23 65 1170097 ulang-tahun-ikj-gelar-gebyar-seni-budaya-zqqDeM7MB4.jpg IKJ akan menggelar Gebyar Seni dan Budaya sebagai rangkaian peringatan HUT ke-45. (Foto: Edi H/Okezone)

JAKARTA - Tahu kampus seni kondang di Ibu Kota, Institut Kesenian Jakarta, kan? Tahun ini, IKJ genap berusia 45 tahun. Sebagai pesta peringatan, mereka akan menggelar gebyar seni dan budaya yang meriah di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, 25-27 Juni.

Perayaan ini akan menampilkan kehebatan karya-karya dan berbagai aktivitas menarik dari tiga fakultas yaitu Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa serta Fakultas Film dan Televisi. Gebyar seni dan budaya tersebut akan mengajak pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan para perupa dan mahasiswa IKJ.

Rektor IKJ, Wagiono Sunarto mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan mahasiswa beridealisme tinggi. Dia memperkirakan, ada 3.500 lulusan setiap tahun. Sedangkan 8.500 mahasiswa lainnya tidak lulus, tetapi langsung terjun ke lapangan.

"IKJ didirikan tidak mengikuti pasar, tapi menegakkan idealisme. Ini kesenian adalah keindahan dan kejujuran," kata Wagiono di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Senin 22 Juni.

Institut kesenian pertama di Jakarta ini menawarkan jenjang pendidikan tinggi bergelar sarjana bidang seni khusus. Selain tiga sekolah yaitu Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa serta Fakultas Film dan TV, IKJ juga memiliki program pascasarjana yang terbuka untuk para lulusan dari SMA/K dan umum.

Wagiono memaparkan, festival seni dan budaya sebagai bagian dari peringatan HUT ke-45 IKJ akan dimeriahkan oleh acara-acara pendukung seperti bazaar, talkshow, lomba-lomba, dan pertunjukan. Para pengisi acara berasal dari kalangan siswa SMA, mahasiswa IKJ, almamater dan komunitas seni.

"Acara-acara HUT ke-45 IKJ ini terbuka untuk umum agar masyarakat dapat sekaligus turut merayakan dan mengapresiasi berbagai perwujudan kesenian dan kebudayaan yang menarik," imbuh Wagiono.

Follow Berita Okezone di Google News

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini