Uni Eropa Sediakan 500 Beasiswa untuk Mahasiswa ASEAN

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 06 Mei 2015 19:58 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 06 65 1145690 uni-eropa-sediakan-500-beasiswa-untuk-mahasiswa-asean-Y0xFp3lUku.jpg

JAKARTA - Uni Eropa (UE) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap masalah pendidikan. Kali ini, organisasi internasional itu menggelontorkan dana sebesar 10 juta Euro untuk mendukung perguruan tinggi di ASEAN.

Program yang diberi nama The European Union Support to Higher Education (SHARE) ini memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa di kawasan ASEAN untuk bisa melakukan pertukaran pelajar dan mobilitas ke negara-negara di Eropa.

"Tujuan utama program ini adalah untuk berbagi pengalaman dari pihak Eropa kepada ASEAN untuk meningkatkan standar dan kualitas institusi perguruan tinggi di wilayah ASEAN," ujar Kuasa Usaha Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia, Brunei Darussalam, dan ASEAN, Colin Crooks.

Peogram SHARE ini akan menyediakan 500 beasiswa bagi pelajar-pelajar di ASEAN untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Kata Crooks, program seperti ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman para pelajar tersebut.

Sementara itu, Deputi Sektetaris Jendral Urusan Komunitas dan Korporasi Sekretariat ASEAN, Mochtan mengatakan dari 500 beasiswa, akan dialokasikan kurang lebih 50 beasiswa untuk setiap negara di ASEAN, termasuk Indonesia. Dia pun menyambut baik program SHARE tersebut.

"SHARE merupakan program penting yang melambangkan kerja sama yang erat antara ASEAN dengan UE. Apalagi, sebentar lagi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) segera terealisasikan," paparnya.

Mochtan mengimbuhkan program ini menjadi langkah yang baik untuk membangun hubungan antara kedua belah pihak. Selain itu, SHARE adalah bentuk dari harmonisasi yang terjalin antara Uni Eropa dengan negara-negara di ASEAN.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini