Pertanyaan Wajib Sebelum Mencari Beasiswa

Rifa Nadia Nurfuadah, Okezone · Jum'at 10 Oktober 2014 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 10 65 1050625 6COO7hjLyZ.jpg Pertanyaan Wajib Sebelum Mencari Beasiswa. (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Mencari beasiswa bukan urusan mudah, tetapi tidak juga terlalu sulit. Apalagi di era internet sekarang ini, berbagai informasi beasiswa pun bisa dengan mudah kita dapatkan.

Informasi ini menjadi jendela utama dalam upaya perburuan beasiswa. Seorang pemburu beasiswa, kata Dosen Teknik Geodesi di Universitas Gadjah Mada (UGM), I Made Andi Arsana, harus tekun mencari dan menelusuri informasi tentang beasiswa yang diincarnya.

Andi sendiri mendapatkan beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) untuk studi pascasarjananya di University of Wollongong. ADS kini berganti nama menjadi Australia Awards Scholarship (AAS).

Menurut Andi, mengejar beasiswa dimulai dengan mengenali diri sendiri. Dalam website-nya, seperti dikutip Okezone, Jumat (10/10/2014), Andi menyebutkan beberapa pertanyaan dasar yang harus dijawab sebelum mencari beasiswa.

Pertama, apa latar belakang pendidikan Anda?

Pertanyaan ini, kata Andi, sangat berpengaruh terhadap ketersediaan beasiswa dalam bidang tersebut.

Kemudian, apakah Anda sudah bekerja?

Pengalaman kerja juga terkadang menjadi persyaratan lamaran beasiswa.

Nah, jika sudah bekerja, ajukan pertanyaan, di bidang apa saya bekerja dan apakah ini sesuai dengan latar belakang pendidikan saya?

Pria asli Bali ini mengungkapkan, salah satu kesulitan pencarian beasiswa adalah karena ketidaksesuaian antara bidang pekerjaan dengan latar belakang pendidikan. "Seringkali dalam kasus semacam ini orang harus menitikberatkan salah satu dari keduanya dalam menentukan beasiswa. Tentu saja akan lebih lapang jalannya jika pendidikan dan pekerjaan Anda sesuai," papar pria bergelar doktor tersebut.

Tanyakan juga, seberapa bagus nilai IPK Anda?

Lembaga donor akan menetapkan nilai IPK minimal yang harus dipenuhi para pelamar beasiswa. Pastikan Anda memenuhi batas minimal tersebut. 

Pertanyaan lainnya adalah, seberapa bagus penguasaan bahasa asing Anda?

Tentu saja, kemampuan bahasa asing merupakan syarat utama untuk melamar beasiswa. Tidak sekadar mampu, tapi juga dibuktikan dengan sertifikat penguasaan bahasa asing, misalnya IELTS dan TOEFL untuk bahasa Inggris.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini