Siswa Malaysia Kagum Lihat Perpustakaan Unsyiah

Salman Mardira, Okezone · Selasa 17 Maret 2015 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 17 65 1119973 siswa-malaysia-kagum-lihat-perpustakaan-unsyiah-7D7ZSAtTLp.jpg Siswa Malaysia Kagum Lihat Perpustakaan Unsyiah (Foto: dok. Unsyiah)

BANDA ACEH – Sebanyak 67 siswa sekolah dari Pahang, Malaysia berkunjung ke perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh, dalam rangka library tour. Mereka tertarik dengan aktivitas dan sistem pelayanan perpustakaan di kampus ini.

“Mahasiswa di sini cukup baik dan disiplin, saya tertarik, lebih-lebih mahasiswanya banyak yang beraktivitas di perpustakaan,” kata Ketua Rombongan Library Tour siswa Malaysia, Muhammad Fadhil, di sela-sela kunjungannya, Selasa (17/3/2015).

Menurutnya, perpustakaan Unsyiah menarik terutama dengan adanya sistem peminjaman mandiri yang memudahkan orang meminjam buku. Mereka berencana akan membawa pengalaman kunjungan ke Unsyiah untuk diterapkan di sekolahnya.

“Kalau di sekolah saya belum ada. Dengan adanya kunjungan seperti ini, menambah wawasan kami mengenai perpustakaan,” ujar Hafizatun, siswa lainnya.

Kunjungan sekaligus silaturahmi antarnegara serumpun ini, juga diwarnai dengan pagelaran musikalisasi puisi dan penampilan multimedia. Unsyiah sendiri menampilkan Zana Syaifulah, mahasiswa Agribisnis dalam musikalisasi puisi.

Kemudian, menurut Kepala UPT Perpustakaan Unsyiah, Dr. Taufiq Abdul Gani, ini merupakan kali kedua rombongan dari Malaysia berkunjung ke pustaka ini. Karena sebelumnya sejumlah pustakawan dari Negeri Jiran telah lebih dulu datang.

Dia mengatakan, perpustakaan induk Unsyiah ini sekarang berkembang pesat, bahkan mendapat akreditasi A dari Perpustakaan Nasional sejak 2013. Sekarang pihaknya menargetkan kualitas pelayanan pustaka ini bisa meraih predikat ISO 9001:2008.

Perpustakaan Unsyiah kini telah berlangganan dua database jurnal terbesar dunia yaitu Science Direct dan Springer Links. Selain itu, tersedia juga fasilitas e-books dan berbagai dokumen yang dapat bisa diunduh.

Menurutnya, selain buka setiap hari siang maupun malam, pengunjung pustaka Unsyiah kini juga dimanjakan dengan sistem Self Loan Station atau peminjaman mandiri, yakni dapat langsung meminjam buku tanpa harus menghadap ke petugas perpustakaan.

Dengan adanya sistem ini, kata Taufiq, kunjungan ke perpustakaan Unsyiah kini meningkat tajam mencapai ribuan orang per bulan. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini