Share

Potret Sejarah, Kala Soekarno Resmikan FE Unsyiah 60 Tahun Silam

Adhyasta Dirgantara, Okezone · Rabu 04 September 2019 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 04 65 2100683 potret-sejarah-kala-soekarno-resmikan-fe-unsyiah-60-tahun-silam-MeYJWQLXeh.png Potret Pembukaan Kampus Unsyiah (Foto: Twitter/Arsip Nasional)

JAKARTA - Arsip bersejarah kembali dipublikasikan oleh Arsip Nasional RI. Kali ini, mereka mengunggah salah satu foto paling bersejarah di dunia pendidikan perguruan tinggi negeri, yaitu foto pembukaan Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala, Aceh.

 Baca Juga: Kritik Hasil Tes CPNS, Dosen Unsyiah Dilaporkan ke Polisi oleh Dekan

Dilansir dari akun resmi Twitter Arsip Nasional RI, mereka menampilkan foto suasana saat pembukaan Fakultas Ekonomi Unsyiah 60 tahun silam.

"Sahabat Berikut adalah #ArsipHariIni menampilkan suasana pembukaan Fakultas Ekonomi universitas @univ_syiahkuala, 2 September 1959," cuit @ArsipNasionalRI, Rabu (4/9/2019).

 Baca Juga: Jusuf Kalla Beri Orasi Ilmiah di Milad Ke-58 Unsyiah Banda Aceh

Kala itu, Presiden pertama di Indonesia Soekarno secara resmi membuka Fakultas Ekonomi Unsyiah. Fakultas ini juga sekaligus menjadi fakultas pertama di Unsyiah. Selain itu, di tanggal yang sama, Soekarno juga membuka selubung Tugu Darussalam dan Kota Pelajar Mahasiswa Darussalam.

 Arsip Nasional

Follow Berita Okezone di Google News

Sekilas Tentang Unsyiah

Pada 21 April 1958, Yayasan Dana Kesejahteraan Aceh (YDKA) dibentuk dengan tujuan mengadakan pembangunan dalam bidang rohani dan jasmani guna mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan bagi masyarakat.

YDKA pada awalnya dipimpin oleh Bupati M. Husen, Kepala Pemerintahan Umum pada Kantor Gubernur pada waktu itu, yang kemudian dipimpin oleh Gubernur Ali Hasjmy. YDKA menyusun beberapa program, salah satunya adalah mengusahakan berdirinya satu Universitas untuk daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

Selaras dengan ide tersebut, tanggal 29 Juni 1958, Penguasa Perang Daerah Istimewa Aceh membentuk Komisi Perencana dan Pencipta Kota Pelajar/Mahasiswa. Komisi yang dipandang sebagai saudara kandung YDKA ini mempunyai tugas sebagai komisi pencipta, badan pemikir, dan inspirasi bagi YDKA, sehingga komisi ini dipandang sebagai modal utama pembangunan perkampungan pelajar/mahasiswa.

Satu tahun berselang, keinginan dan cita-cita rakyat Aceh untuk memiliki sebuah perguruan tinggi telah menjadi kenyataan. Universitas Syiah Kuala resmi beroperasi sekaligus menjadi universitas tertua di Aceh

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini