Share

Kampus-Kampus Pertama di Indonesia

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 19 Februari 2015 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 18 65 1107571 kampus-kampus-pertama-di-indonesia-7y3IAwg4lY.jpg Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu kampus pertama di Indonesia. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Dunia pendidikan tinggi Indonesia memang masih muda. Namun, banyak perguruan tinggi Tanah Air kini mulai bersinar di kancah dunia.

Di antara perguruan tinggi berprestasi tersebut adalah kampus-kampus pertama di Indonesia. Berikut daftarnya, seperti dirangkum Okezone, Selasa (17/2/2015).

1. Kampus umum pertama

Universitas Indonesia (UI) menjadi kampus umum pertama yang berdiri di Indonesia. Cikal bakalnya adalah berbagai sekolah dengan kekhususan keilmuan pada zaman pendudukan Belanda seperti Stovia (kedokteran) pada 1898 dan Rechtsschool (hukum) pada 1909. Pemerintah Belanda menamai perguruan tinggi darurat ini Nood Universiteit. Ia berganti nama menjadi Universiteit van Indonesie pada 1947. Kini, UI telah bermetamorfosa menjadi universitas berkelas dunia.

2. Kampus teknik pertama

Pada 1920, pemerintah Belanda mendirikan Technische Hogeschool (TH) sebagai cikal bakal Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada 2 Maret 1959, Presiden Soekarno meresmikan ITB. Kampus ini juga merupakan tempat kuliah Soekarno hingga lulus pada 3 Juli 1926 sebagai salah satu insinyur pertama.

3. Kampus pertanian pertama

Institut Pertanian Bogor (IPB) dibangun oleh para pemimpin yang peduli mengenai pertanian bangsa. Kini, IPB telah menjadi kampus kelas dunia yang berfokus pada bidang-bidang lingkungan, pertanian, keamanan makanan serta bioenergi. IPB juga masuk sebagai salah satu kampus hijau di Indonesia.

4. Kampus katolik pertama

Berdiri pada 1 Juni 1960, Universitas Atmajaya menjadi kampus katolik pertama di Indonesia. Pendirinya adalah sekelompok cendikiawan muda katolik seperti Ir JP Cho, Ir Lo Siang Hien-Ginting, Drs Goei Tjong Tik, IJ Kasimo, JB Legiman, SH, Drs FX Seda, Pang Lay Kim, Tan Bian Seng, Anton M Moeliono, St Munadjat Danusaputro, JE Tan dan Ben Mang-Reng Say.

5. Kampus kristen pertama

Pemuda-pemuda kristen Indonesia tergerak untuk bisa berpartisipasi dalam dunia pendidikan, akhirnya pada 25 Mei 1950 berdirilah Dewan Gereja di Indonesia (DGI). Pada 30 Juni 1953, DGI megerluarkan kebijakan tentang universitas kristen. Akhirnya tokoh-tokoh kristen berkumpul dan mendirikan yayasan Universitas Kristen Indonesia (UKI) pada 18 Juli 1953.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini