Share

Asal-usul Nugget Ayam, Berawal dari Ingin Makan Sesuatu yang Mudah Dimasak dan Disajikan

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Selasa 21 Maret 2023 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 20 624 2784557 asal-usul-nugget-ayam-berawal-dari-ingin-makan-sesuatu-yang-mudah-dimasak-dan-disajikan-UxLRGg8enR.jpg Ilustrasi/Slate

JAKARTA - Asal-usul nugget ayam akan diulik pada artikel ini. Siapa yang tidak mengetahui nugget ayam? Makanan cepat saji paling populer di dunia.

Makanan ini dibuat pertama kali oleh Robert Carl Baker, profesor asal Universitas Cornell, New York. Awalnya makanan ini bukan bernama nugget ayam, melainkan chicken crispy dan berubah menjadi chicken stick karena berbentuk seperti stik.

Makanan yang mudah dibuat ini memiliki asal-usul yang menarik untuk dibahas. Berikut asal-usul nugget ayam:

Asal-Usul Nugget Ayam

Sebelum memiliki nama nugget ayam, makanan sejenis ini menjadi makanan utama orang Amerika Serikat pada masa Perang Dunia 2, selain daging sapi.

Konsumsi ayam di Amerika Serikat begitu melonjak, yang mendorong pebisnis menjual daging unggas dengan harga yang lebih murah. Namun, usai Perang Dunia 2, permintaan akan ayam di Amerika Serikat menurun drastis.

Banyak orang Amerika Serikat yang menganggap bahwa ayam memiliki porsi yang nanggung. Ayam termasuk kecil untuk dibagi dalam satu keluarga, namun terlalu banyak untuk dimakan sendiri.

Follow Berita Okezone di Google News

Membuat daging ayam panggang juga memerlukan banyak waktu dan merepotkan bagi orang Amerika Serikat.

Seiring berjalannya waktu, terlintas dipikiran Robert Carl Baker untuk membuat makanan berbahan dasar ayam yang mudah untuk dimasak dan disajikan.

Akhirnya terciptalah nugget ayam pada tahun 1963. Makanan ini berukuran sebesar mulut manusia dengan rasa yang gurih.

Hingga akhirnya makanan ini begitu dikenal setelah dipopulerkan oleh McDonaldโ€™s pada tahun 1983.

Namun, Robert Baker tidak memanfaatkan keuntungan dari penemuan nugget ayamnya. Dia tidak mematenkan penemuannya, sehingga setiap restoran dapat di Amerika Serikat dapat membuat makanan ini sesukanya.

Bahkan Robert Baker memberikan resepnya kepada restoran-restoran di Amerika Serikat. Dia membebaskan banyak orang mendapatkan keuntungan dari berjualan nugget ayam.

Demikian asal-usul nugget ayam. Semoga bermanfaat!

1
3
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini