Share

SNPMB 2023 Terintegrasi dan Terbuka, Bisa Pilih PTN Vokasi atau Akademik

Jonathan Simanjuntak, MNC Portal · Selasa 10 Januari 2023 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 10 65 2743572 snpmb-2023-terintegrasi-dan-terbuka-bisa-pilih-ptn-vokasi-atau-akademik-TutS8YfzEl.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbud mengatakan Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023 akan terintergrasi bagi seluruh perguruan tinggi negeri (PTN).

Terintegrasinya SNPMB ini akan membuat pilihan calon mahasiswa untuk memilih pendidikan vokasi maupun akademik ke perguruan tinggi menjadi satu.

"Banyak hal istimewa yang akan kita lakukan bersama di tahun 2023 ini, yang pertama dan yang terpenting adalah seleksi masuk ke perguruan tinggi yang berbasis tes nantinya itu akan terintegrasi," ucap Plt. Dirjen Diktiristek Nizam dalam konferensi pers, Selasa (10/1/2023).

Oleh karenanya calon mahasiswa nantinya hanya cukup mendaftar sekali dan melaksanakan tes sekali. Calon mahasiswa pun secara terbuka bisa perguruan tinggi mana yang diminatinya.

Baca juga: Deretan PTN Terbaik yang Punya Sekolah Vokasi

"Menyatu antara yang seleksi ke vokasi maupun ke akademik itu calon-calon mahasiwa dari SMA, SMK, MA itu cukup mendaftar sekali, tes sekali. nanti pilihannya bisa di politeknik, di universitas, di institut dan sebagainya secara terbuka," tuturnya.

Baca juga: Pembukaan Pelaksanaan SNPMB 2023, Nizam Ingatkan Sekolah dan Siswa Segera Bikin Akun

Menurutnya penerapan SNPMB 2023 ini akan menjadi lebih efisien bagi calon mahasiswa dan penyelenggara. Hal ini juga, tambah dia, akan mengehmbat biaya selama penyelenggaraan penerimaan mahasiswa baru.

"Jadi sangat efisien, hemat waktu bagi calon peserta, kemudian juga hemat biaya, dan juga lebih efisien dari sisi penyelenggaraan," tutur dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini