Share

UI Berkomitmen Mencetak SDM Berstandar Internasional

Natalia Bulan, Okezone · Jum'at 09 Desember 2022 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 09 65 2723663 ui-berkomitmen-mencetak-sdm-berstandar-internasional-CmlGVdd35B.jpg FEB UI berkomitmen untuk mencetak SDM berstandar internasional/Antara

DEPOK - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) berkomitmen untuk terus mendidik dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berstandar internasional yang mampu menghadapi berabgai tantangan ketidakpastian perekonomian global di masa depan.

Hal inilah yang membuat FEB UI berfokus pada lima skill atau kemampuan yang dipersiapkan untuk menghadapi segala macam perubahan yang terjadi.

Lima skill tersebut merupakan hal-hal mendasar dari keterampilan manusia menurut Dekan FEB UI Teguh Dartanto.

“Sebetulnya ada lima skill yang harus dipersiapkan untuk menghadapi ketidakpastian global di masa depan. Oleh karena itu pendidikan di Indonesia harus fokus terhadap hal hal mendasar dari keterampilan manusia tersebut,” ujarnya.

Pertama adalah kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dengan critical thinking dan creativity.

Kedua, skill SDM untuk lebih resilience agar tahan banting. Dalam hal ini, menurut Teguh, dibutuhkan persistensi, adaptability, dan juga semangat untuk tidak takut gagal dan berani mencoba.

Follow Berita Okezone di Google News

Ketiga adalah kemampuan untuk mampu bekerja sama dengan orang lain dari latar belakang yang beragam, sehingga yang dibutuhkan adalah kemampuan komunikasi yang mumpuni, keinginan membangun kolaborasi dan mutual understanding.

Keempat adalah kemampuan untuk mengerti dan memperbaiki keadaan menjadi lebih ideal. Oleh karena itu, menurut Teguh, SDM dari FEB UI ditanamkan social awareness yang tinggi. Kelima adalah kemampuan untuk memberikan pengaruh sosial.

“Artinya SDM yang memiliki kontribusi dengan social impact yang diperlukan adalah inisiatif dan leadership. Lima skill itu menjadi fokus dalam menyiapkan SDM ke depan dari FEB UI untuk menghadapi segala macam perubahan yang ada secara global,” ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini