Share

Sejarah Berdirinya Universitas Padjadjaran, Buah Inisiatif Warga Sunda

Cita Zenitha, MNC Portal · Kamis 08 Desember 2022 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 65 2722994 sejarah-berdirinya-universitas-padjadjaran-buah-inisiatif-warga-sunda-NqQGEu9UGM.jpg Ilustrasi (Foto: Dok Unpad)

JAKARTA- Sejarah berdirinya Universitas Padjadjaran menarik untuk dikulik. Universitas Padjadjaran (Unpad) lahir pada tahun 11 September 1957. Kampus ini berdiri atas keinginan warga Sunda akan pendidikan tingkat lanjut bagi warganya. Keinginan itu disampaikan melalui Kongres Pemuda Sunda hingga akhirnya DPRD menyetujuinya.

Sebenarnya tahun 1950 Bandung sudah memiliki beberapa universitas. Sebut saja Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) dan Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA milik Universitas Indonesia. Tetapi, warga Bandung menginginkan universitas yang memiliki lebih banyak disiplin ilmu.

Peraturan Pemerintah No.37 Tahun 1957 menyatakan Unpad resmi menjadi perguruan tinggi di Indonesia. Ir. Soekarno bahkan menjadi orang yang meresmikan Universitas Padjadjaran.

Nama “Padjadjaran” berasal dari nama Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Prabu Siliwangi. Prabu Siliwangi memimpin pada tahun 1473 M sampai 1513 M. Ketentraman dan kesejahteraan pada masa pemerintahan Prabu Siliwangi membuat warga Sunda mengenang jasanya.

Follow Berita Okezone di Google News

Pada awal berdirinya, Unpad hanya memiliki 4 fakultas saja. Fakultas pertama Unpad meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan (FKIP, penjelmaan dari PTPG di Bandung), Padjajaran Fakultas Ekonomi (keduanya berawal dari Yayasan Universitas Merdeka di Bandung).

Kini Unpad sudah memiliki 16 fakultas dengan banyak program studi. Unpad juga menyediakan fasilitas pendidikan tingkat lanjut pascasarjana (S2). Ada 19 program studi untuk melanjutkan pascasarjana.

Selain itu, mahasiswa juga dapat melanjutkan gelar doktor (S3) di Unpad. Gelar doktor Unpad memiliki 9 program studi.

Berasaskan Surat Keputusan BAN-PT 408/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018 Unpad sudah terakreditasi “A” hingga 2023.

Keinginan masyarakat Sunda atas fasilitas perguruan tinggi menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Padjadjaran (Undapd).

Berdasarkan QS Asia University Rankings 2022, Universitas Padjadjaran meraih peringkat ke-7 sebagai kampus terbaik di Indonesia. Unpad juga menduduki peringkat ke-192 kampus terbaik di Asia.

Melihat prestasi Unpad sebagai sarana pendidikan tinggi banyak orang berlomba untuk menjadi mahasiswa Unpad. Tak heran jika kampus ini mendapat predikat sebagai kampus terbaik di Indonesia.

Sebelum masuk Unpad tak ada salahnya mengetahui sejarah dari kampus ini. Berikut adalah sejarah berdirinya Universitas Padjajaran yang harus diketahui.

Demikian sejarah berdirinya Universitas Padjadjaran.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini