Share

Deretan Fakta Sejarah Permainan Ular Tangga, Ada Filosofi di Baliknya

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Rabu 07 Desember 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 624 2721821 deretan-fakta-sejarah-permainan-ular-tangga-ada-filosofi-di-baliknya-a50qtTXo6e.jpg Ilustrasi/wedoimport

JAKARTA - Coba Anda ingat-ingat, permainan kesukaan anda waktu kecil apa? Contohnya seperti ludo, halma, monopoli, sampai ular tangga, sangat seru dimainkan dengan teman-teman.

Salah satu permainan yang paling bersejarah ialah ular tangga, papan permainan yang diisi 100 kotak serta dibantu dengan dadu untuk memainkannya.

Nyatanya, ular tangga memiliki sejarah yang tak kalah unik. Di bawah ini, terdapat fakta-fakta menarik tentang ular tangga.

1. Diduga, dibuat oleh Saint Gyandev

Walau masih diperbincangkan, beberapa pakar sejarah mengatakan, ular tangga dibuat oleh Saint Gyandev saat abad ke-13 masehi, hal ini disebutkan di laman The Times of India.

Gyandev adalah seorang filsuf, penyair, santo dan yogi yang lahir pada tahun 1275 masehi. Naasnya, Gyandev tutup usia di tahun 1296 ketika Gyandev masih berumur 21 tahun.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Berawal dari India

Siapa yang menduga apabila permainan ular tangga berawal dari India? Permainan ini disebut dengan nama Moksha Patamu atau Mokshapat.

Tak diketahui secara spesifik siapa yang menemukannya, tetapi diyakinkan bahwa ular tangga dimainkan saat awal abad ke-2 sebelum masehi (SM), ujar laman The Times of India.

3. Pada versi orisinal, total kotak hanya sampai 72

Ada beberapa perbandingan antara versi modern dan orisinal pada ular tangga.

Pada versi orisinal, total kotak hanya sebanyak 72 kotak, tetapi di versi modern, totalnya sebanyak 100 kotak.

Selain dari itu, pada versi orisinal, total ular lebih minim dibanding jumlah tangga di dalam permainan, ujar laman The Times of India.

4. Mempunyai kadar filosofi

Ya benar, terdapat makna yang tertanam di balik permainan ular tangga, yang dipakai untuk memberi ajaran moral untuk anak-anak.

Dimulai dari kotak tangga yang mengartikan kebajikan, lalu untuk kotak yang terdapat kepala ular mengartikan kejahatan, ungkap laman The Times of India.

5. Menjadi ide pada salah satu kartun SpongeBob SquarePants

Uniknya lagi, ular tangga menjadi ide untuk berbagai kultur pop. Salah satunya ialah di Spongebob Squarepants, yang di mana ular tangga merupakan ide untuk permainan eels and escalators.

Pada boardgame ini, ada sejumlah kotak dengan isi tiga eskalator 3 dimensi dan empat belut, ujar laman Wiki Fandom.

Aturan permainannya ialah pemain wajib meraih titik finish terlebih dulu atas lawannya. Pemain dapat memulai dengan melemparkan dadu, kemudian jalan sesuai dengan jumlah angka yang keluar di dadu.

Permainan ini ada di Spongebob Squarepants versi "Sailor Mouth". Selanjutnya, permainan ular tangga juga ada di Sesame Street dan Dora the Explorer.

6. Dibawa ke Inggris saat abad ke-19

Kemudian, dengan cara apa permainan ular tangga ini dapat populer di seluruh dunia? Permainan ini pernah dibawa ke Inggris oleh kolonialis yang terdapat di India saat abad ke-19.

Terdapat beberapa pengubahan yang dilakukan, contohnya seperti membuat jumlah tangga dan ular sama rata.

Kemudian, pada tahun 1943, permainan ular tangga awal mula dikemukakan ke Amerika Serikat.

7. Terdapat arti pada setiap kotaknya

Tahukah Anda, di setiap kotak permainan ular tangga mempunyai arti tersendiri? Di permainan orisinal, kotak ini berarti kebaikan, seperti: asketisme (78), pengetahuan (76), kedermawanan (57), keandalan (51) dan iman (12).

Sementara itu, untuk kejahatan diisi oleh: nafsu (99), keangkuhan (95) , rakus (92), kemarahan (84), pembunuhan (73), hutang (69), kemabukan (62), berbohong (58), pencurian (52), vulgaritas (49), kesombongan (44) dan ketidaktaatan (41).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini