Share

Mahasiswa Jurusan PGSD Beberkan Keresahannya Sebagai Calon Guru Masa Depan

Tim Okezone, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 09:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 65 2718321 mahasiswa-jurusan-pgsd-beberkan-keresahannya-sebagai-calon-guru-masa-depan-p5i8SGQlHD.jpg Konten kreator pendidikan Danang Giri Sadewa (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan. Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Setelah dalam segmen Bedah Jurusan sebelumnya Danang Giri berbincang dengan mahasiswa jurusan agribisnis dari Institut Pertanian Bogor, di episode kali ini, Danang akan berbincang dengan mahasiswa jurusan PGSD dari Universitas Negeri Yogyakarta yang bernama Catur.

 Baca juga: Danang Giri Sadewa Konfirmasi Langsung ke Mahasiswa IPB soal Lulusan Pertanian yang Banyak Kerja di Bank

Catur menyebutkan bahwa UNY merupakan kampus pilihan kedua setelah dirinya tidak berhasil masuk ke UGM. Ia juga mengatakan bahwa alasannya mengambil jurusan PGSD adalah karena ingin bermanfaat bagi orang lain.

 Baca juga: Universitas Andalas Miliki Surau dari Susunan Batu Besar Mirip Bangunan Zaman Nabi!

Lanjut lagi Catur mengatakan bahwa selain menjadi guru SD, lulusan jurusan PGSD biasanya lanjut mengambil studi S2 untuk nantinya berkarir sebagai dosen yang mengajar di jurusan PGSD, serta terjun ke pekerjaan yang fleksibel dengan semua jurusan perkuliahan seperti pegawai bank.

Sebagai orang awam, Danang Giri pun penasaran dengan materi yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan PGSD di kampus. Apakah pelajaran-pelajaran SD, ataukah ada materi yang lain. Karena seperti yang kita tahu, biasanya guru SD dapat mengajar beberapa mata pelajaran sekaligus.

Follow Berita Okezone di Google News

“Hampir semuanya ada (mata pelajaran), bahkan kepramukaan kita dapet lagi, jadi kita dilatih buat jadi pembina. Terus olahraga kita juga dapet, pendidikan agama pun kita dapet. Jadi muatan-muatan yang seperti itu aja kita dapet semuanya, kayak matematika dan sebagainya itu pasti,” ujar Catur.

“Ternyata di PGSD ini belajar cara mengajarkannya, bukan cuma apa yang diajarkan,” tambah Catur.

Catur kemudian berbagi suka duka menjadi mahasiswa jurusan PGSD. Bagi dirinya yang memang memiliki passion dan keinginan untuk bermanfaat bagi orang lain, Catur mengatakan bahwa dirinya begitu menyenangkan dan lebih terasa ringan menjalaninya.

“PGSD ini jurusan yang memang menyenangkan mas, karena ya kita besok akan kontak langsung dengan anak, kalo orang-orang yang memang suka berinteraksi dengan anak itu sangat menyenangkan. Terus ya tadi mata kuliahnya mungkin tidak terlalu rumit,” jelas Catur.

Sedangkan untuk duka yang dirasakan, Catur lebih berfokus dengan masa depan yang akan dihadapi lulusan PGSD. Seperti siapa menteri pendidikan selanjutnya dan bagaimana kebijakannya kelak.

Tak hanya itu, Catur juga menyebutkan fakta bahwa guru-guru di Indonesia mendapatkan penghasilan yang kecil dengan sistem perekrutan yang sulit. Padahal dedikasi guru begitu tinggi untuk kecerdasan anak muridnya.

“Ngomongin keresahan itu emang sedih sekali ya. Pada akhirnya kan guru ini adalah ujung tombak bagaimana guru itu bisa menumbuhkan karakter anak-anak menjadi dewasa, dan sebagainya. Perannya gede. Cuma tadi dibilang gajinya kecil, terus perekrutannya susah gitu,” ujar Danang.

Buat yang penasaran dengan obrolan seru Danang Giri dan Catur, mahasiswa PGSD, IPB, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#DanangGiriSadewa

#smn

#starhits

#hitsrecords

#msin

#mncstudiosinternational

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini