Share

Danang Giri Sadewa Konfirmasi Langsung ke Mahasiswa IPB soal Lulusan Pertanian yang Banyak Kerja di Bank

Tim Okezone, Okezone · Rabu 23 November 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 23 65 2713018 danang-giri-sadewa-konfirmasi-langsung-ke-mahasiswa-ipb-soal-lulusan-pertanian-yang-banyak-kerja-di-bank-Ht5tfnnV44.jpeg Content creator Danang Giri Sadewa/Istimewa

JAKARTA - Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan.

Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Setelah dalam segmen Bedah Jurusan sebelumnya Danang Giri berbincang dengan mahasiswa jurusan kedokteran dari Universitas Andalas, maka di episode kali ini, Danang akan berbincang dengan mahasiswa jurusan agribisnis dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bernama Alan.

Alan menyebutkan bahwa IPB merupakan kampus pilihan kedua setelah dirinya tidak berhasil masuk ke ITB.

Ia juga mengatakan bahwa alasannya mengambil jurusan agribisnis adalah karena orang tuanya memiliki bisnis di bidang agri.

Bertekad masuk ke IPB, Alan mengatakan bahwa dirinya baru belajar dengan serius untuk tes hanya dari H-2 bulan seleksi.

“Pokoknya aku satu hari tuh kayak (mengerjakan) 50-100 soal setiap hari selama dua bulan. Try out itu 2-3 kali seminggu gitu lah,” jelas Alan.

Selanjutnya, Danang menyinggung Alan mengenai tanggapan di masyarakat mengenai banyaknya lulusan IPB yang justru bekerja di bidang perbankan, alias tidak sesuai jurusan di kampus.

Alan pun menyebutkan bahwa memang rata-rata pelarian lulusan IPB apabila tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai jurusan adalah bekerja di dunia perbankan.

Hal ini dikarenakan lulusan IPB rata-rata mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi yang dapat masuk ke bidang manapun, termasuk jurusan agribisnis yang merupakan salah satu fakultas ekonomi.

“Kalo misalnya di kampus lain misal UGM nih kampusnya Mas Danang, kan jadinya kalo gak salah sarjana agribisnis, atau sarjana pertanian, aku lupa. Tapi kalo di IPB itu masuknya sarjana ekonomi, karena masuknya fakultas ekonomi,” ungkap Alan.

Alan juga menyebutkan peluang pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan agribisnis.

“Kebanyakan, agribisnis ya, biasanya karena relasi di dalamnya itu udah diarahin buat jadi pebisnis, jadi channel pertamanya itu jadi businessman dulu, yang kedua itu biasanya ke konsultan, konsultan pertanian, konsultan ekonomi, atau konsultan bisnis, yang ketiga itu biasanya ada di bank, gitu. Pokoknya hal-hal yang berbau ekonomi lah,” jelasnya.

Buat yang penasaran dengan obrolan seru Danang Giri dan Alan, mahasiswa agribisnis, IPB, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini