Share

Danang Giri Bagikan Beberapa Kelebihan Ikut UKM di Kampus, Salah Satunya Dapat Jodoh?

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 19 Oktober 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 65 2689996 danang-giri-bagikan-beberapa-kelebihan-ikut-ukm-di-kampus-salah-satunya-dapat-jodoh-cQJd9HUGt8.jpeg Content creator Danang Giri Sadewa/Istimewa

JAKARTA - Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan.

Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Seperti pada video yang diunggah tanggal 1 Oktober 2022, Danang Giri membagikan opini dan masukan-masukannya terkait alasan kenapa mahasiswa harus setidaknya mengikuti satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus.

UKM adalah sebuah wadah bagi para mahasiswa agar bisa lebih mengeksplorasi diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Apabila ilmu akademik bisa didapatkan dalam ruang kelas, maka ilmu tentang soft skill bisa didapatkan dari UKM.

Beberapa kelebihan dan kelemahan dalam mengikuti UKM adalah antara lain bertambahnya relasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Meskipun pada dasarnya relasi juga bisa didapatkan dari lingkungan kelas dan jurusan, namun dari mengikuti UKM, mahasiswa bisa menambah relasi dari mahasiswa yang latar belakangnya berbeda-beda, lintas jurusan, lintas fakultas, hingga lintas angkatan.

“Ada juga banyak temenku yang dari satu UKM terus jadi cinlok gitu. Ya intinya gitu, UKM selain dapet relasi bisa dapet jodoh sih,” ujar Danang.

Danang kemudian memberikan saran untuk ikut minimal satu UKM di kampus, terutama bagi para mahasiswa yang pada masa sekolahnya belum pernah ikut organisasi.

Hal ini sangat penting untuk memberikan gambaran untuk terjun ke masyarakat atau ke dunia kerja nantinya.

Ikut UKM juga bisa membuat mahasiswa melatih manajemen waktu di samping kesibukannya belajar dan tugas-tugas akademik dengan kegiatan tambahan dari UKM yang biasanya juga membutuhkan waktu tidak sebentar.

Ditambah dengan kegiatan sosial ataupun berlibur di luar kegiatan kampus.

Menjadi anggota UKM juga bisa mengembangkan minat dan bakat seperti olahraga, musik, seni.

“Ini penting banget untuk kalian yang ngerasa salah jurusan. Contoh kalian masuknya di jurusan politik, padahal kalian pengen bisnis gitu, yaudah tinggal nyari UKM bisnis, gitu. Kalian pengen bikin film atau kalian pengen jadi aktor, yaudah ke UKM seni aja. Jadi gak usah disesali, akademik tetep jalan, UKM jalan itu bisa menjadi yang lebih baik,” tambah Danang.

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini