Share

Masa Pengenalan Kampus Tak Seharusnya Dibalut dengan Kekerasan, Simak Tanggapan Danang Giri Sadewa

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 28 September 2022 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 65 2676422 masa-pengenalan-kampus-tak-seharusnya-dibalut-dengan-kekerasan-simak-tanggapan-danang-giri-sadewa-PHLYDnew6r.jpeg Content creator Danang Giri Sadewa/Istimewa

JAKARTA - Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan.

Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Seperti pada video yang diunggah tanggal 16 September 2022, Danang Giri membagikan tanggapannya terkait fenomena ospek di kampus Indonesia.

Belakangan ini, sistem ospek di beberapa kampus Indonesia menjadi hal yang ramai diperbincangkan, sebab beberapa oknum kakak tingkat yang bertugas sebagai panitia ospek menyalahgunakan wewenangnya dengan melakukan perpeloncoan kepada para mahasiswa baru.

Ospek sendiri sebetulnya merupakan masa pengenalan kampus kepada mahasiswa baru. Danang mengatakan bahwa mahasiswa baru tidak perlu dibentak-bentak demi mendapatkan hormat, dengan dalih melatih mental dan fisik.

Ospek juga kerap dijadikan alasan balas dendam oleh para oknum kakak tingkat atas perlakuan yang mereka terima saat ospek ketika mereka masih mahasiswa baru.

“Sebenernya gak harus ngebentak-bentak. Justru kalau kamu ngebentak-bentak, orang lain nggak akan respect. Biar dapetin respect, ya tunjukinlah pakai prestasi. Dengan sendirinya maba-maba bakal respect sama kamu," jelasnya.

Danang kemudian memberikan beberapa contoh kasus ospek pada beberapa kampus Indonesia yang bahkan sampai membuat korban meninggal dunia.

“Intinya aku gak setuju dengan segala konsep yang mengarah kepada kekerasan, ya. Sekali lagi ospek tuh tujuannya apa? Untuk mengenalkan kampus. Apakah kekerasan dan (membuat) orang sampai meninggoy itu adalah pengenalan kampus? Silakan jawab sendiri,” ujar Danang.

Buat yang penasaran dengan tanggapan Danang lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini