Share

5 Kampus Indonesia yang Terdapat Jurusan Animasi, Prospek Masa Depan Bagus

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 11 September 2022 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 11 65 2665168 5-kampus-indonesia-yang-terdapat-jurusan-animasi-prospek-masa-depan-bagus-pmEDc2Ifak.jpg 5 kampus di Indonesia yang ada jurusan animasi/Freepik

JAKARTA - Pernah berpikir untuk membuat kartun? Jurusan animasi merupakan pilihan yang tepat dengan prospek yang cerah.

Melansir dari KBBI, animasi adalah acara televisi berbentuk rangkaian gambar yang digerakkan secara mekanik elektronis sehingga tampak di layar menjadi bergerak.

Pembuatan film animasi membutuhkan proses kreatif yang didukung dengan teknologi hingga membentuk tampilan visual bergerak yang menarik.

Tingginya minat dan kebutuhan industri di dunia animasi menjadikan animasi kini menjadi program studi (prodi) di beberapa kampus Indonesia.

Prodi ini biasanya berada di bawah jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan dua peminatan, yaitu film animasi dan animasi game.

Berikut beberapa deretan kampus di Indonesia yang mempunyai jurusan animasi.

1. Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Institut Kesenian Jakarta atau yang biasa disingkat dengan IKJ merupakan salah satu perguruan seni ternama di Indonesia yang terletak di Jakarta Pusat.

Kampus yang berdiri sejak 1970 ini telah melahirkan lulusan yang berkompetensi dalam bidang seni, salah satunya animasi.

Animasi dalam IKJ merupakan bagian dari peminatan studi Multimedia di bawah Fakultas Seni Rupa dan Desain jurusan Desain Komunikasi Visual.

Dalam konsentrasi jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip multimedia, mulai dari konsep desain hingga produksi.

Mereka akan belajar tentang proses pembuatan animasi sehingga mampu untuk menciptakan karya animasi, baik berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi.

Tidak hanya menjadi animator, prospek karier mahasiswa yang mengambil peminatan ini sangat luas.

Mereka dapat bekerja di berbagai industri kreatif seperti agensi periklanan, rumah produksi, industri games, studio animasi, dan produksi film.

2. Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta (PoliMedia)

Jakarta merupakan pendidikan tinggi vokasi yang berkonsentrasi di bidang industri kreatif. Pendidikan tinggi vokasi ini terletak di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Prodi animasi di PoliMedia tersedia untuk jenjang D4, di mana para lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Terapan (S.Tr).

Prodi animasi di PoliMedia merupakan bagian dari jurusan Desain. Sama seperti jenjang sarjana pada umumnya, mahasiswa animasi PoliMedia akan menjalani masa studi selama 4 tahun.

Mereka diharapkan mampu untuk mengoperasikan perangkat lunak dalam berbagai bentuk animasi, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.

3. Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti

Sekolah Tinggi Media Komunikasi Trisakti atau yang biasa disebut STMK Trisakti merupakan perguruan tinggi yang berkonsentrasi dalam pengembangan bidang media komunikasi. 

Perguruan tinggi ini terletak di Pulo Gadung, Jakarta Timur. STMK Trisakti menyelenggarakan program studi desain komunikasi visual yang memiliki konsentrasi studi animasi dan games.

Program studi ini tersedia untuk jenjang sarjana dan para lulusannya akan mendapat gelar Sarjana Desain (S.Ds). 

Mahasiswa yang mengambil peminatan ini akan mempelajari berbagai mata kuliah terkait pembuatan animasi seperti Teknik Audio, Character 2D & 3D, Modelling 3D, Prinsip Gerak 3D, dan Dasar Sinematografi.

4. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI)

 

Sesuai namanya, Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau yang dikenal dengan ISI Yogyakarta merupakan perguruan tinggi negeri yang berkonsentrasi dalam perkembangan seni Tanah Air.

ISI Yogyakarta terletak di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kampus ini mempunyai program studi animasi untuk jenjang D3 yang tergabung dalam Fakultas Seni Media Rekam.

Setelah menempuh pendidikan selama 3 tahun, para lulusannya akan mendapat gelar Ahli Madya (A. Md).

Program studi ini terbagi menjadi dua konsentrasi yaitu animasi film dan animasi game (animasi interaktif).

Dalam kajian animasi, mahasiswa akan mempelajari berbagai macam prinsip-prinsip animasi seperti Prinsip Animasi, Penulisan Cerita dan Skenario, Permodelan 2D , dan Animasi 2D.

5. Universitas Negeri Malang (UM)

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Malang, Jawa Timur.

UM memiliki program diploma untuk program studi Game Animasi yang tergabung dalam Fakultas Sastra Jurusan Seni dan Desain. Mahasiswa program studi game animasi ini akan diarahkan untuk menjadi tenaga ahli dalam dunia animasi.

Selain merancang desain animasi, para mahasiswa juga akan dilatih dalam perancangan audio dan bahasa pemrograman.

Mereka akan melewati berbagai macam pembelajaran seperti Algoritma Pemograman, Animasi Stop Motion, Desain Properti, dan Desain Animasi.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini