Share

Libatkan 7.858 Peserta, Ospek Kampus USU Pecahkan Rekor MURI

Wahyudi Aulia Siregar, Okezone · Rabu 07 September 2022 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 65 2662346 libatkan-7-858-peserta-ospek-kampus-usu-pecahkan-rekor-muri-0y5I8xxvsG.jpg USU Pecahkan rekor MURI/Istimewa

MEDAN - Kegiatan masa orientasi pengenalan kampus yang kini disebut Masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2022 di Universitas Sumatera Utara (USU) memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Rekor MURI yang dipecahkan adalah kategori menyanyikan lagu 8 etnis yang diikuti sebanyak 7.858 peserta.

Delapan etnis tersebut di antaranya adalah Batak Karo, Melayu, Pak-Pak, Batak Simalungun, Nias, Batak Toba, Batak Angkola, dan Mandailing.

Piagam MURI tersebut diserahkan Customer Relations Manager MURI Lutvi Syah Pradana kepada Rektor USU, Muryanto Amin di Stadion Mini USU, Senin (5/9/2022).

PKKMB 2022 di Universitas Sumatera Utara digelar secara luring untuk pertama kalinya dalam dua tahun terakhir. PKKMB USU sendiri akan berlangsung selama 3 hari mulai hari ini.

Muryanto Amin mengatakan kegiatan PKKMB tahun ini mengambil tema “Melangkah Melampaui Batas".

Tema tersebut merupakan interpretasi mengenai ajakan dan motivasi untuk mahasiswa baru USU 2022 sebagai generasi muda bangsa agar berani dan bersemangat mencapaikan cita-cita dengan mengerahkan seluruh kemampuan dan kemauan yang dimiliki.

Hal tersebut dapat diawali dengan niat dan ikhtiar daya juang.

“Melangkah melampaui batas, diawali dengan niat dan ikhtiar daya juang untuk menggapai impian terbaik buat masa depan, Jangan pernah memandang rendah atau memberi batasan terhadap kemampuan diri,” tegas Muryanto.

Tema yang diangkat pada PKKMB juga sejalan dengan tagline USU, Transformation Towards the Ultimate, yang diharapkan mampu menjadi nyala semangat bagi mahasiswa menjadi pembelajar, lulusan, dan alumni terbaik di level nasional maupun internasional.

Rektor menyampaikan bahwa mahasiswa USU dapat belajar tidak hanya dari perspektif ilmu yang digeluti tetapi juga dapat mengeksplor kekayaan ilmu lain mengingat USU selain universitas tertua di luar pulau Jawa tapi juga sebagai universitas komprehensif yang memiliki banyak fakultas dan program studi.

“Universitas Sumatera Utara bukan hanya universitas tertua di luar Pulau Jawa tetapi juga universitas komprehensif, universitas yang paling banyak punya fakultas dan program studi. Artinya, bahwa Saudara bukan hanya bisa belajar dari perspektif keilmuan yang Saudara pilih, tetapi Saudara bisa mengeksplore kekayaan ilmu yang lain,” ujar Muryanto.

Direktur Prestasi Mahasiswa dan Kealumnian USU, Doli Muhammad Jafar Dalimunthe, yang juga Ketua PKKMB USU 2022 menjelaskan, tema “Melangkah Melampaui Batas” merupakan bentuk semangat untuk mengajak mahasiswa baru bertransformasi menjadi pribadi berkarakter, kreatif, berprestasi, dan bertalenta BINTANG sesuai dengan core value USU.

Doli menjelaskan, setelah di tahun 2019 USU berhasil pecahkan rekor MURI dengan peserta terbanyak melakukan Senam Ahoy, tahun ini USU kembali pecahkan rekor MURI menyanyikan 8 lagu etnis Sumatera Utara dengan peserta terbanyak, yaitu diikuti oleh 7.858 mahasiswa baru.

Menurutnya hal tersebut dilakukan USU untuk berperan dalam melestarikan kearifan lokal.

“Rekor MURI itu adalah wujud dari universitas terbesar di Sumatera dan nomor 1 di Sumatera Utara harus turut melestarikan dan menampilkan local wisdom Sumatera Utara. 8 lagu tadi adalah mewakili 8 etnis yang ada di Sumatera Utara,” terang Doli.

Selain memecahkan Rekor MURI, acara PKKMB 2022 juga turut dimeriahkan dua komika kondang yang merupakan alumni USU yaitu Priya Prayogha Pratama Tanjung alias Babe Cabiita dan Nugroho Achmad alias Lolox.

Kegiatan PKKMB USU 2022 dapat terselenggara dengan baik berkat kolaborasi dan kerja sama antara USU dengan Bank Mandiri, Grab, BNI, Wardah, dan Emina.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini