Share

Tips untuk Survive saat Kewalahan Menghadapi Kehidupan Sebagai Mahasiswa ala Danang Giri Sadewa

Natalia Bulan, Okezone · Kamis 27 Oktober 2022 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 65 2695439 tips-untuk-survive-saat-kewalahan-menghadapi-kehidupan-sebagai-mahasiswa-ala-danang-giri-sadewa-1i2Feh7BTq.jpeg Content creator Danang Giri Sadewa/Istimewa

JAKARTA - Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan.

Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Seperti pada video yang diunggah tanggal 15 Oktober 2022, Danang Giri membagikan beberapa tips untuk para mahasiswa agar bisa survive di dunia perkuliahan yang kadang kala melelahkan.

Tips dari Danang antara lain:


1. Kenali Diri Sendiri

Menurut Danang, seorang mahasiswa harus sadar bahwa setiap orang itu bertransformasi.

Termasuk seorang siswa sekolah yang bertransformasi dari mahasiswa yang memerlukan proses adaptasi agar bisa diolah dengan baik.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Perbanyak Jaringan

Relasi atau jaringan merupakan satu hal yang penting untuk dikembangkan baik dari jurusan, dari fakultas, dari universitas, bahkan dari angkatan yang telah lulus.

Sebab saat mahasiswa lulus kuliah, relasi dan jaringan itu lah yang biasanya memiliki informasi mengenai lowongan pekerjaan.

3. Tugas Dikerjakan, Bukan Hanya Dipikirkan

Jangan terlalu banyak mengeluh saat memiliki banyak tugas dari mata kuliah yang berbeda-beda.

Lebih baik langsung dikerjakan saja satu persatu dari yang paling mudah, daripada hanya dikeluhkan hingga akhirnya terlewat batas waktu mengumpulkan tugas.

4. Coba Semua Kesempatan

Banyak mahasiswa yang menolak berbagai kesempatan dengan alasan takut gagal. Padahal, lebih baik gagal daripada tidak mencoba sama sekali.

Hasil itu nomor sekian, namun pengalaman yang didapat juga penting sebagai pembelajaran ke depannya.

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa waktu dan kesempatan itu tidak bisa dibeli dengan uang. Jadi jangan sia-siakan kesempatan yang ada saat masih menjadi mahasiswa.

5. Jangan Lupa Healing

Aktivitas kuliah yang super padat tetap harus diimbangi oleh istirahat atau healing. Karena apabila otak terus-terusan dipaksa untuk belajar atau untuk berpikir, dikhawatirkan malah akan membuat otak stress.

Istirahat sejenak, mundur terlebih dahulu satu langkah dua langkah untuk lari lagi mengejar tujuan dan goals.

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini