Share

Program Studi yang Kurang Diminati di Fakultas Teknik Namun Gajinya Besar

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 27 November 2022 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 27 65 2715716 program-studi-yang-kurang-diminati-di-fakultas-teknik-namun-gajinya-besar-3fxjnEFqmx.jpg Illustrasi /dok Kemenhub

JAKARTA - Jurusan teknik merupakan salah satu jurusan yang sangat diincar oleh mahasiswa baru karena memiliki prospek kerja yang bagus. Namun ternyata ada beberapa jurusan teknik yang sepi peminat padahal memiliki peluang kerja yang tetap menjanjikan. Berikut daftar jurusannya.

 (Baca juga: 3 Kampus yang Jadi Tempat Kuliah Favorit Jenderal TNI/Polri)

Teknik Kelautan

Jurusan ini merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang rekayasa teknologi untuk mendirikan struktur dan bangunan di lepas pantai atau pesisir pantai. Namun, banyak yang kurang berminat untuk masuk ke jurusan ini. Peminat jurusan ini di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) pada 2021 hanya 219 orang, dengan daya tampung 2022 sebanyak 36.

Di Universitas Hasanuddin, daya tampung jurusan ini sebanyak 53, namun peminatnya hanya 151 pada 2021.

Padahal, ulusan dari jurusan ini masih terus dibutuhkan dalam dunia kerja. Lulusan jurusan Teknik Kelautan memiliki peluang besar untuk bergabung di perusahaan minyak dan gas, khususnya perusahaan yang memiliki anjungan pengeboran lepas pantai.

Selain itu, PLN juga membutuhkan lulusan dari teknik kelautan apabila ingin membangun pembangkit listrik tenaga gelombang, entah sebagai teknisi ataupun konsultan.

Follow Berita Okezone di Google News

Teknik Perkapalan

Tak sedikit mahasiswa yang belum mengetahui tentang jurusan Teknik Perkapalan. Banyak pula yang menganggap rendah jurusan ini karena mereka hanya mengetahui akan bekerja di bagian kapal saja. Padahal jurusan Teknik Perkapalan ini untuk prospek kerja sangat diibutuhkan di bidang perencanaan, pembangunan, dan perbaikan kapal, khususnya pada industri maritim. Kementerian Perhubungan juga membutuhkan tenaga ahli perkapalan.

Di ITS, peminat jurusan ini pada 2021 sebanyak 331, dengan tampung 2022 sebanyak 36. Sedangkan di Universitas Diponegoro, peminatnya 334, dengan daya tampung 46. Seorang yang telah ahli dalam dunia perkapalan bisa mendapatkan gaji yang cukup tinggi dan didukung pula dengan peluang kerja yang sangat luas. Hal ini membuat lulusan perkapalan berpeluang memiliki masa depan yang cerah.

Teknik Metalurgi dan Material

Lulusan Teknik Metalurgi dan Material mempunyai prospek kerja yang luas. Mereka dapat bekerja di berbagai lapangan pekerjaan seperti di industri pertambangan, industri baja, industri minyak dan gas, perusahaan jasa konsultan, pemerintahan, atau lembaga penelitian dan perguruan tinggi.

Lulusan jurusan ini nantinya juga dapat bekerja sama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang. Peminat jurusan Teknik Metalurgi dan Material di Universitas Indonesia sebanyak 340 pada 2021, dengan daya tampung 28 di tahun 2022. Sementara, di UPN Veteran Yogyakarta, jumlah peminat jurusan Metalurgi sebanyak 258 dan daya tampungnya 56 pada 2022.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini