Share

UNY Resmi Lakukan Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi di Singapura

Tim Okezone, Okezone · Kamis 24 November 2022 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 65 2713856 uny-resmi-lakukan-kerja-sama-dengan-perguruan-tinggi-di-singapura-v2zaLN1SCK.jpg UNY resmi lakukan kerja sama dengan perguruan tinggi di Singapura/Dok. UNY

YOGYAKARTA - Kolaborasi adalah kebutuhan mutlak untuk pengembangan lembaga. Perkembangan yang begitu pesat di berbagai bidang mendorong Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk terbuka dan aktif dalam menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri.

Sebuah upaya penguatan kerja sama luar negeri yang dilakukan UNY adalah penguatan kerja sama perguruan tinggi di Singapura yang merupakan sebuah program unggulan Kerja Sama Luar Negeri bidang PK UNY.

Dikutip dari laman resmi UNY, dengan prinsip dari UNY untuk dunia pada tahun ini jejaring kerja sama mengacu kepada negara ASEAN Singapura merupakan negara yang memiliki tingkat pendidikan dan teknologi maju.

Singapura adalah negara yang tidak terlalu luas ini memiliki beberapa perguruan tinggi Top 100 QS, beberapa di antaranya adalah Nangnyang Polytechnic (NYP) dan National Institute of Education, Nanyang Technological University (NTU).

Belum lama ini Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Profesor Siswantoyo bersama tim melaksanakan disuksi untuk memperkuat kerja sama kedua belah pihak.

Bentuk kolaborasi yang diusulkan diantaranya students exchange melalui program Student Overseas Project Centers (SOPC), collaborative research-based project, dan beberapa potensi lain yang dapat dikerjasamakan.

Menurut Pokja Kerjasama Luar Negeri UNY Dr. Eng. Faqih Ma’arif, NYP merupakan salah satu kampus yang memiliki kolaborasi yang kuat dengan industri.

“Dalam pelaksanaannya, dosen selaku pembimbing akan memilih tim terbaik dalam melaksanakan project dengan perusahaan dalam bentuk pengembangan produk, sebagai solusi nyata kerja sama dengan industri” katanya.

Teaching factory concept yang diterapkan NYP, mendorong dosen dan siswa untuk lebih siap menghadapi dunia kerja.

Hal ini dapat menjawab gap yang selama ini terjadi antara kompetensi kebutuhan SDM perusahaan dan kompetensi lulusan pergururan tinggi.

Di sisi lain, Diskusi dengan Nanyang Technological University (NTU)-National Institute of Education (NIE) tidak kalah menarik karena hubungan antara NTU-NIE dan UNY telah terjalin sebelumnya.

Oleh karena itu, diskusi tersebut merupakan salah satu bentuk penguatan dan upaya untuk memperkuat kemitraan antara kedua institusi.

Kolaborasi dalam bidang olah raga merupakan pembahasan utama dalam pertemuan tersebut.

Delegasi UNY juga melakukan pertemuan dengan KBRI Singapura serta Sekolah Indonesia Singapura (SIS).

Untuk Sekolah Indonesia Singapura (SIS), kerja sama yang akan dilaksanakan adalah mengirimkan mahasiswa Praktik Kependidikan (PK), penerimaan mahasiswa baru dan studi lanjut untuk guru dari SIS.

Kerja sama yang dilaksanakan UNY di setiap negara diharapkan dapat memperoleh dukungan Kedutaan Besar Indonesia setempat.

Hal ini untuk menyinergikan program-program antar lembaga pemerintahan yang mempunyai kewenangan penuh di luar negeri.

Dengan penguatan kerja sama di tingkat internasional, UNY berharap dapat semakin mengukuhkan UNY menjadi world class university yang tidak hanya disegani tetapi juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan, masyarakat dan bangsa Indonesia serta masyarakat dunia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini