Share

6 Pondok Pesantren Modern Terbaik di Indonesia

Fatmawati, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 624 2681165 6-pondok-pesantren-modern-terbaik-di-indonesia-i9sWoGh4hh.jpg Pondok Pesantren Modern Gontor/MPI

JAKARTA - Pondok pesantren modern atau pesantren modern sendiri merupakan pondok pesantren yang memiliki sistem pendidikan berkebalikan dari pesantren salaf (salafiah).

Biasanya, Pesantren modern akan menggabungkan sistem pembelajaran sekolah formal dengan pelajaran agama.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 6 pesantren modern Terbaik di Indonesia.

 

1. Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo

Pondok Pesantren Gontor atau ponpes Gontor merupakan salah satu pondok pesantren modern terbaik di Indonesia.

Seringkali, Ponpes Gontor ini disebut sebagai pelopor lahirnya pesantren-pesantren modern lainnya.

Pondok pesantren Gontor menerapkan konsep pendidikan perpaduan model pesantren klasik atau salam dengan kurikulum modern.

Ponpes Gontor menggunakan jenjang pendidikan Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI) dengan masa belajar 6 atau 4 tahun, setingkat Tsanawiyah dan Aliyah.

Saat ini Gontor setidaknya memiliki sekitar 20 pesantren cabang dan 350 pesantren alumni Gontor yang tersebar di seantero Indonesia.

2. Pondok Pesantren Sidogiri

Pondok pesantren Sidogiri ini adalah salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia.

Ponpes yang terkenal dengan manejemen pesantrennya yang baik, dan juga ekonomi syariah yang berkembang pesat sejalan dengan koperasinya.

Sidogiri sebagai pesantren salaf saat ini juga sangat maju dalam pengajaran kitab kuning dalam membuat metode al-Miftah.

3. Pondok Pesantren Lengitan Tuban

Ponpes Lengitan yang berdiri pada tahun 1852 ini juga masuk ke dalam salah satu lembaga Pendidikan Islam Tertua di Indonesia, yang menerapkan metode pendidikan dan pengajaran dalam sistem klasikal (madrasiyah) dan non klasikal (ma’hadiyah).

Sistem pendidikan klasikal adalah sebuah model pengajaran yang bersifat formalistik, dengan orientasi pendidikan dan pengajarannya yang dirumuskan secara teratur dan prosedural, baik meliputi masa, kurikulum, tingkatan dan kegiatan-kegiatannya.

Sedangkan pendidikan non klasikal dalam Pondok Pesantren Langitan menggunakan metode wetonan atau bandongan dan sorogan.

Metode jenis ini merupakan model pengajian yang dipimpin oleh seorang kiai atau ustaz yang membacakan dan menjabarkan isi kandungan kitab kuning sementara murid atau santri mendengarkan dan memberi ma’na.

4. Pondok Pesantren Lirboyo Kediri

Pesantren Lirboyo telah melahirkan banyak tokoh-tokoh keagamaan yang cerdas ruhaniyah, smart-intelektual, mumpuni dalam keberagaman bidang, juga keberagamaan Islam yang otentik.

Ponpes Lirboyo memadukan antara tradisi dengan kemodernitasan.

Pesantren dengan identitas khas Jawa Timur ini berpedoman pada Nahdhatul Ulama dan pendalaman pada kitab-kitab kuning sebagai pusat kajian santri melalui halaqah-halaqah bersama kyai.

Istilahnya adalah sorogan dan bandongan.

5. Pondok Pesantren Daar El Qolam Banten

Pondok Pesantren Daar el-Qolam telah menjadi salah satu lembaga pendidikan modern dengan format pesantren besar dengan melibatkan lebih dari 370 orang guru dan lebih kurang 5000 santri yang berasal dari perbagai penjuru Indonesia.​

Pesantren yang bercorak modern ini didirikan pada pada tanggal 20 Januari 1968.

6. Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiah Kalimantan

Pondok Pesantren Rasyidiah Khalidiyah yang biasa disingkat RAKHA didirikan pada 13 Oktober 1922.

Ponpes ini didirikan oleh Tuan Guru K.H Abdurrasyid, alumnus Universitas Al Azhar Cairo dari tahun 1912-1922.

Awalnya pesantren ini bernama Arabische School (Sekolah Arab). Rashidiyah Khalidiah adalah pondok pesantren yang sangat terkenal di Kalimantan.

Demikian 6 pesantren modern terbaik di Indonesia yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan jenjan pendidikanmu.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini