Share

Profesor Riset BRIN Sebut Domestikasi Jadi Solusi untuk Jaga Populasi Ikan Tawar Asli Indonesia

Inin Nastain, Koran Sindo · Rabu 28 September 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 65 2676808 profesor-riset-brin-sebut-domestikasi-jadi-solusi-untuk-jaga-populasi-ikan-tawar-asli-indonesia-YzGbk312FR.jpg Anang Hari Kristanto di Orasi Pengukuhan Profesor Riset BRIN, Rabu (28/9/2022)/Inin Nastain

JAKARTA - Populasi ikan tawar asli Indonesia saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Domestikasi pun dinilai menjadi solusi untuk menyelamatkan populasi ikan tawar asli tersebut untuk menghindari kepunahan.

Profesor Bidang Pemuliaan dan Genetika Anang Hari Kristanto mengatakan sampai saat ini dilaporkan ada 84 famili ikan. Dari jumlah keseluruhan itu, 79 famili dengan 1172 spesies merupakan spesies ikan tawar asli Indonesia.

Namun, jumlah tersebut berangsur berkurang. pencemaran lingkungan, kata Anang, jadi salah satu pemicu terancam punahnya ikan tawar asli Indonesia itu.

“Sejak tahun 2016 sampai 2018, mengalami penurunan 44 persen. Bahkan terancam punah. Karena berbagai sebab, antara lain terjadinya penebangan hutan yang tidak terkontrol, pencemaran lingkungan, dan penangkapan yang berlebih,” kata Anang dalam Orasi Pengukuhan Profesor Riset BRIN, Rabu (28/9/2022).

Untuk melindungi agar populasi Ikan tawar asli Indonesia tidak benar-benar punah, Anang menyebutkan perlu adanya penguasaan teknologi domestikasi.

Dijelaskannya, Domestikasi ikan adalah pembibitan ikan liar melalui penguasaan siklus.

“Kegiatan domestikasi meliputi adaptasi di eks situ, penentuan jenis kelamin, pematangan gonad, pemijahan, serta pemeliharaan larva dan benih,” beber dia.

“Penguasaan domestikasi ikan air tawar asli indonesia sangat penting untuk mendukung produksi perikanan dan secara tidak langsung melestarikan populasi ikan karena berkurangnya kegiatan penangkapan ikan di dalam,” tambah dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini