Share

Rumus Kimia Aluminium Sulfat, Pengertian dan Kegunaannya

Nadilla Syabriya, Okezone · Rabu 21 September 2022 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 21 624 2671992 rumus-kimia-aluminium-sulfat-pengertian-dan-kegunaannya-7hbAHdzxex.jpg Ilustrasi: Freepik

JAKARTA Rumus kimia aluminium sulfat, pengertian dan kegunaannya akan dibahas dalam artikel ini. Aluminium sulfat merupakan suatu senyawa kimia anorganik dengan rumus Al2(SO4)3. Senyawa ini larut dalam air dan terutama digunakan sebagai bahan flokulasi dalam pemurnian air minum dan kilang pengolahan air limbah, dan juga dalam pembuatan kertas.

(Baca juga: Rumus Kimia, Oksigen dan Sifat Serta Pengertiannya)

Aluminium sulfat dikenal sebagai kristal putih, butiran, bubuk atau mineral alunogenite. Aluminium sulfat kadang-kadang disebut tawas atau tawas pembuat kertas, namun nama “tawas” lebih umum dan tepat digunakan untuk garam sulfat ganda dengan rumus umum XAl(SO4)2·12H2O.

Aluminium sulfat memiliki reaksi yang mirip dengan tawas tetapi lebih ketat. Aluminium sulfat ialah garam aluminium yang terdiri tiga elemen berlimpah, yaitu aluminium, belerang, dan oksigen.

Dalam penggunaannya, aluminium sulfat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari seperti dilansir affinitychemical, Rabu (21/9/2022).

1. Pengolahan air minum

Pernah bertanya-tanya bagaimana kita mengatur agar air minum yang aman mengalir keluar dari keran? Mungkin Anda dapat berterima kasih kepada aluminium sulfat. Pemasok air kota, seperti perusahaan air minum setempat, menggunakan aluminium sulfat untuk mengolah air sehingga dapat dikonsumsi manusia. Selain itu, air yang tidak untuk dikonsumsi juga dapat diolah dengan bahan kimia ini untuk pemurnian ketika bakteri atau sedimen yang menyebabkan efek buruk.

Ketika ditambahkan ke air, aluminium sulfat menyebabkan kotoran mikroskopis menggumpal menjadi partikel yang lebih besar. Gumpalan ini kemudian mengendap di dasar wadah dan dapat disaring. Ini membuat air lebih aman untuk diminum. Pada prinsip yang sama, aluminium sulfat juga terkadang digunakan di kolam renang untuk mengurangi kekeruhan air.

2. Pencelupan kain

Banyak kegunaan aluminium sulfat dalam pencelupan dan pencetakan pada kain. Ketika dilarutkan dalam air dalam jumlah besar yang memiliki pH netral atau sedikit basa, senyawa tersebut menghasilkan zat lengket, aluminium hidroksida. Zat ini membantu pewarna menempel pada serat kain dengan membuat pewarna tidak larut dalam air. Peran aluminium sulfat disini ialah sebagai “pembantu” warna, yang berarti menggabungkan dengan struktur molekul pewarna dan kain sehingga pewarna tidak habis saat kain basah.

3. Bercocok tanam

Sebab aluminium sulfat sangat asam, kadang-kadang ditambahkan ke tanah yang sangat basa untuk menyeimbangkan pH tanaman. Ketika aluminium sulfat bersentuhan dengan air, ia membentuk aluminium hidroksida dan larutan asam sulfat yang sangat encer, yang mengubah keasaman tanah. Pemilik tanaman yang menanam hydrangea menerapkan senyawa ini untuk mengubah warna bunga seperti biru atau merah muda karena tanaman ini sangat sensitif terhadap pH tanah.

4. Pembuatan kertas

Pada masa lalu, aluminium sulfat digunakan dalam pembuatan kertas, meskipun sebagian besar bahan sintetis telah menggantikannya. Aluminium sulfat membantu ukuran kertas. Dalam proses ini, ia dikombinasikan dengan sabun damar untuk mengubah daya serap kertas, yang mengubah sifat penyerap tinta kertas. Aluminium sulfat menghasilkan kondisi asam, sedangkan zat perekat sintetis menghasilkan kertas bebas asam yang tidak mudah rusak

5. Penggunaan medis

Penggunaan aluminium sulfat pada bidang medis telah maju dalam beberapa cara untuk membuat kita tetap sehat. Aluminium sulfat memiliki beberapa kegunaan praktis di bidang medis. Hal ini terutama digunakan sebagai agen koagulasi dalam mengobati luka kecil dan lecet serta deodoran (karena sifat antibakteri).

Selain itu, larutan yang mengandung 5 sampai 10% telah digunakan untuk luka dan menahan kotoran busuk dari permukaan kulit mukosa. Aluminium sulfat ditemukan dalam bahan yang digunakan dalam industri farmasi. Misalnya, digunakan dalam persiapan tetes telinga aluminium asetat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini