Share

Rumus Kimia, Oksigen dan Sifat Serta Pengertiannya

Dhea Alvionita, Okezone · Rabu 14 September 2022 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 624 2667345 rumus-kimia-oksigen-dan-sifat-serta-pengertiannya-MihtrO0yYr.jpg Ilustrasi: Freepik

JAKARTA – Rumus kimia oksigen dan sifat serta pengertiannya akan dibahas dalam artikel ini. Manusia, hewan dan tumbuhan tentu tidak bisa hidup tanpa adanya oksigen. Oksigen dalam bahasa latin Oxygenium atau zat asam, bahkan biasa disebut sebagai zat pembakar adalah unsur kimia yang memiliki lambing O dan nomor atom 8.

(Baca juga: Ketahui Berbagai Rumus Kimia Beserta Tatanama Senyawa)

Melansir Wikipedia, Rabu (14/9/2022) oksigen termasuk unsur nonlogam golongan VIA atau kalkogen dan hamper dapat bereaksi dengan semua unsur lainnya. Namun, yang paling utama yaitu bereaksi menjadi oksida.

Oksigen memiliki kandungan gas yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Pada temperatur dan tekanan standar, dua atom yang terkandung dalam oksigen berkaitan menjadi dioksigen, yaitu senyawa gas diatomik.

Oksigen termasuk salah satu unsur paling melimpah. Berdasarkan massanya, oksigen menempati posisi ketiga setelah hydrogen dan helium. Sedangkan volumenya, oksigen menempati sekita 20,9% pada atmosfer bumi.

Seperti yang kita ketahui, rumus kimia oksigen adalah O2. Dimana pada satu molekul gas oksigen, maka bisa menghasilkan dua atom.

Saat atom-atom yang sejenis saling berkaitan, maka hal itu disebut dengan istilah molekul unsur. Sehingga pada gas oksigen, lambang yang digunakan bukanlah O. Tetapi, menggunakan lambing O2 yaitu gas oksigen.

Gas oksigen atau O2 memiliki arti bahwa satu molekul terdapat dua atom oksigen. Hal tersebut karena oksigen masuk ke dalam jenis non logam sehingga jenis ikatan kimianya termasuk kedalam ikatan kovalen atau penggunaan bersama electron valensi.

Sifat fisik oksigen yaitu mudah larut dalam air daripada nitrogen. Diketahui, air memilik kandungan satu molekul O2 untuk dua molekul N2 jika dibandingkan dengan radio atmosferik yaitu sekitar 1:4.

Kelarutan oksigen di dalam air tergantung pada suhu 0 derajat celcius. Konsentrasi oksigennya adalah 14,6 mg L-1. Sedangkan pada suhu 20 derajat celcius dan 1 atom udara, maka air tawar akan mengandung sekitar 6,04 mililiter (Ml) oksigen per liter. Oksigen akan mengembun pada suhu 90,20 K atau -182,95 ⁰C, -297,31 ⁰F, dan pada suhu 54,36 K atau -218,79⁰C, -361,82⁰F.

Oksigen cair dan padat pun berwarna biru langit karena penyerapan warna merah. Dalam oksigen cair kadar kemurniannya akan sangat tinggi dan dihasilkan dari distilasi yang bertingkat udara. Oksigen cair ini juga bisa dihasilkan dari pengembunan udara yang memanfaatkan nitrogen cair dengan pendingin.

Dengan demikian, oksigen merupakan salah satu zat yang begitu reaktif sehingga harus dipisahkan dari bahan bakar yang sangat mudah terbakar. Oksigen biasa digunakan dalam produksi baja, plastik, dan tekstik.

Selain itu, oksigen juga biasa digunakan sebagai propelan roket untuk terapi oksigen dan sebagai penyokong kehidupan pesawat terbang, kapal selam, penerbangan luar angkasa, dan penyelaman.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini