Share

Hussein Djajadiningrat, Doktor Indonesia Pertama yang Memiliki Patung di Universitas Leiden

Rifqa Nisyardhana, Okezone · Kamis 15 September 2022 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 14 65 2667700 hussein-djajadiningrat-doktor-indonesia-pertama-yang-memiliki-patung-di-universitas-leiden-HDLxCfzZ4o.jpg Hussein Djajadiningrat (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Di dalam hall of fame, gedung pusat akademik Universitas Leiden, Belanda menampilkan patung-patung tokoh yang disegani. Salah satunya adalah Professor Dr. Hussein Djajadiningrat.

Patung Hussein tersebut berdiri tegak dibalut dengan pakaian Jawa dan berada di antara patung-patung orang Eropa lainnya.

Hal mengagumkannya adalah hanya patung Hussein yang dibuat maneken seluruh tubuh sementara lainnya hanya sebatas tubuh bagian atas saja.

Patung tersebut bahkan diresmikan oleh wakil presiden Indonesia ke-11, Prof. Dr. H. Boediono pada 26 Maret 2014.

Lantas, siapa sebenarnya Hussein itu?

Hussein merupakan seorang ilmuwan Indonesia pertama yang mendapat gelar doktor atau PhD. Tepatnya pada 3 Mei 1913 di Universitas Leiden.

Nama aslinya adalah Pangeran Ario Hussein Djadjadiningrat. Beliau lahir di Kramatwatu, Serang, Banten pada 8 Desember 1886 dan wafat pada 12 November 1960.

Karya tulis akhir atau disertasi yang mendampingi gelarnya berjudul “Critische Beschouwing van de Sadjarah Banten”. Karya ini tentang pandangan kritis terhadap sejarah Banten.

Berkat hal tersebut, beliau membuka jalur penelitian mengenai historiografi Indonesia dan membuatnya dikenal sebagai bapak metodologi penelitian sejarah Indonesia.

Selain itu, beliau juga merupakan orang yang mendalami ilmu agama Islam sehingga banyak yang menjulukinya sebagai ahli keislaman.

Saat masih mudanya dulu, Hussein dikenal sebagai pemuda yang pintar dan berbakat. Maka tak heran, Hussein bisa menjadi orang yang bersejarah di Indonesia maupun di luar negeri dan disegani oleh masyarakat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini