Share

Kebijakan Baru Mendikbudristek, Unair Segera Sesuaikan Sistem Seleksi Maba Tahun Depan

Yudha Prawira, iNews · Senin 12 September 2022 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 12 65 2665675 kebijakan-baru-mendikbudristek-unair-segera-sesuaikan-sistem-seleksi-maba-tahun-depan-LMxxHg9nWf.jpg Rektor Unair Profesor Nasih/Yudha Prawira

SURABAYA - Rektor Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Profesor Dr. Mohammad Nasih, SE, MT., Ak menanggapi kebijakan baru Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim terkait sistem baru di seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Unair merespons positif dan segera melakukan persiapan serta penyesuaian untuk sistem seleksi mahasiswa baru tahun depan.

Hal ini tentunya sesuai dengan aturan baru yang diluncurkan Kemendikbudristek di Merdeka Belajar Episode ke-22 beberapa waktu yang lalu.

Pada seleksi PTN Jalur Mandiri Unair tahun depan akan lebih banyak mengembangkan materi tes yang menyesuaikan kondisi dan minat calon mahasiswa baru (Maba) atau peserta tes.

Yaitu terkait dengan program studi yang akan diambil dengan latar belakang jurusan yang telah diampu saat di SMA.

Aturan ini akan membuat probabilitas diterimanya calon maba lintas jurusan akan semakin kecil dan peluang drop out (DO) akan semakin besar apabila lolos dalam seleksi tersebut.

Lantaran, mahasiswa nantinya akan terasa berat dalam perkuliahan karena tidak sesuai dengan bakat dan minat.

"Untuk (Jalur) Mandiri kurang lebih sama namun ada transformasi, karena ini diserahkan kepada rektor maka dari itu Unair nanti juga akan mengembangkan, mentransformasi materi tesnya itu dengan menyesuaikan kondisi dan minat mereka yakni program studi yang diambil dan latar belakang mereka ketika di SLTA," jelas Profesor Nasih.

"Sangat mungkin (dilaksanakan), tapi itu tadi probabilitasnya sangat kecil mereka-mereka yang lintas jurusan itu. Karena untuk melanjutkan studi yang sesuai dengan minat itu diperlukan pengetahuan dasar dan teknis tertentu. Itu sangat menjadi pertimbangan," tambahnya.

Tidak hanya Jalur Mandiri, namun beberapa transformasi seleksi PTN juga akan berubah. Seperti jalur SNMPTN yang akan diganti dengan Seleksi Nasional berdasarkan prestasi.

Kemudian jalur SBMPTN yang akan diubah tesnya dengan Tes Potensi Skolastik dengan beberapa tambahan kemampuan tertentu.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini