Share

5 Dasar yang Perlu Diketahui Jika Kamu Ingin Belajar Bahasa Inggris

Chendy Oktafian, Presma · Kamis 18 Agustus 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 624 2650052 5-dasar-yang-perlu-diketahui-jika-kamu-ingin-belajar-bahasa-inggris-01w8IeM19E.jpg Ilustrasi/Unsplash

JAKARTA - Tahukah kamu? Sebelum memulai belajar bahasa Inggris, perlu mengetahui juga dasar-dasarnya.

Mengingat bahwa segala sesuatu hal harus dimulai dari dasarnya termasuk dalam belajar bahasa Inggris.

Akan sangat penting untuk mengetahui dasar-dasarnya dahulu, guna mempermudah dalam mempelajari bentuk kalimat yang lebih kompleks.

Ada 5 dasar umum untuk mempelajari bahasa Inggris, mulai dari mempelajari bentuk kata dasar, kalimat, cara pelafalan, dan cara penulisan.

Bila kamu sudah memahami dasar-dasar tersebut, akan lebih mudah untuk memahami materi selanjutnya. Pasalnya, bahasa Inggris akan terasa rumit jika tidak memahami hal tersebut.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahuinya agar dapat mempermudah proses belajar bahasa Inggris.

Berikut 5 dasar-dasar bahasa Inggris yang perlu kamu pahami dan ketahui:

 

1. Pelajari Bentuk Kata (Tenses)

Mulai dari hal yang sangat mendasar di bahasa Inggris yaitu tenses atau bentuk kata. Buat kamu yang belum tahu apa itu tenses?

Tenses adalah bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang berguna untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya suatu peristiwa.

Waktu yang ditunjukkan bisa masa lalu, masa kini atau sekarang, dan masa depan.

Sangatlah umum pembahasan tenses ini berada pada awal pembelajaran, karena dinilai sangat penting dan mendasar.

Untuk jumlahnya sendiri, tenses ini berjumlah 16 berdasarkan waktu dan peristiwanya.

2. Mendengarkan (Listening)

Setelah kamu memahami tentang tenses, dasar belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah mendengarkan atau listening.

Listening merupakan salah satu skill atau kemampuan bahasa Inggris yang penerapannya adalah dengan mendengarkan kosakata di dalam kalimat berbahasa Inggris.

Mengapa harus mendengarkan? Karena tujuan mempelajari skill mendengarkan dalam bahasa Inggris membuat kamu akan terbiasa dengan istilah-istilah dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa memahami apa yang dikatakan orang lain ketika mereka berbicara dengan bahasa inggris.

3. Membaca (Reading)

Selanjutnya dasar yang perlu kamu kuasai juga adalah membaca atau reading. Dengan membaca beberapa teks atau kalimat berbahasa Inggris, misalnya procedure text atau descriptive text, akan membuat kamu lebih peka terhadap struktur kata yang terbentuk dalam bahasa Inggris.

Dari situlah kamu akan belajar banyak kosakata bahasa Inggris. Terlebih, kamu pun akan mendapatkan kosakata-kosakata baru hanya dengan membaca teks-teks berbahasa Inggris.

4. Menulis (Writing)

Setelah membaca, dasar yang selanjutnya ialah menulis atau writing. Menulis sebuah kalimat dalam bahasa inggris merupakan tolakukur kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris.

Pasalnya, dengan menulis dalam bahasa Inggris, kamu jadi bisa melihat sejauh mana sih kemahiranmu dalam berbahasa Inggris.

Menulis dalam bahasa Inggris akan membuatmu mengerti tentang kemampuanmu dalam berbahasa Inggris, entah itu dari tata bahasa ataupun kosa kata.

Dengan menulis juga kamu bisa mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris kamu sehingga dapat berlatih lebih baik lagi.

5. Berbicara (Speaking)

Setelah empat dasar-dasar belajar bahasa Inggris di atas sudah dikuasai dengan baik, selanjutnya adalah yang terakhir yaitu speaking atau berbicara.

Ada tips untuk kalian yang masih kurang mahir dalam berbicara bahasa inggris, salah satunya adalah berbicara dengan diri sendiri di depan kaca atau di manapun, buatlah skenario sederhana dan mulai berbicara dengan diri sendiri. Bila perlu kamu bisa merekamnya untuk evaluasi kemampuan kamu.

Chendy Oktafian

Persma Ketik Polimedia

Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini