Share

3 Jenis Cumlaude dan Cara Untuk Meraihnya, Salah Satunya Jangan Bolos

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 65 2647883 3-jenis-cumlaude-dan-cara-untuk-meraihnya-salah-satunya-jangan-bolos-LxHwWHtr2h.jpg Ilustrasi (Foto: Freepik)

JAKARTA- 3 jenis cumlaude dan cara untuk meraihnya bakal dirangkum Okezone dari berbagai sumber. Di akhir semester, mahasiswa akan mendapatkan predikat kelulusan. Biasa dikenal saat masa sekolah sebagai rapot. Ingat bahwa untuk predikat Cumlaude juga memperhatikan tahun kelulusan. Jangan santai dengan waktu yang tersedia, jangan sampai mengambil masa langkau atau waktu semester dihabiskan untuk mengulang. Usahakan semua mata kuliah berhasil secara nilai.

Keistimewaan bagi mahasiswa yang berhasil lulus dengan predikat ini cukup banyak. Biasanya peluang untuk melanjutkan kuliah melalui jalur beasiswa sangat terbuka lebar.Apalagi bagi mereka yang ingin lanjut kedunia kerja, ada banyak perusahaan yang siap menampung.

Berikut 3 jenis cumlaude dan cara untuk meraihnya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Cumlaude

Gelar cumlaude atau “kehormatan” diberikan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa studinya dengan nilai IPK dari rentang 3,5 sampai dengan 3,7.

Untuk mendapatkannya, sejak semester pertama usahakan semua nilai mata kuliah minimal mendapat nilai B. Pikirkan bahwa semua mata kuliah harus disenangi, tidak boleh diabaikan sehingga menyebabkan nilai salah satunya jatuh.

2. Magna Cumlaude

Magna cumlaude memiliki predikat atau sebutan “kehormatan besar” dimana nilai yang didapatkan juga harus besar. Untuk bisa mendapatkan gelar ini kalian harus mempertahankan IPK di angka 3,7 – 3,9.

Jangan lupa berdoa untuk selalu dimudahkan urusan selama kuliah. Berdoa agar ilmu yang diraih bermanfaat apakah dengan dengan predikat Cumlaude atau tidak sekalipun.

3. Summa Cumlaude

Ini merupakaj predikat tertinggi disebut sebagai summa cumlaude yang memiliki arti “kehormatan tertinggi”. Tidak main-main seseorang yang mendapatkan gelar ini harus mempunya IPK antara 3,9 sampai dengan 4,0.Untuk mendapatkannya, para mahasiwa harus memehartikan asen/kehadiran juga menjadi salah satu faktor yang menentukan penilaian Cumlaude. Jika jarang masuk kelas atau praktikum, tentunya dosen akan mempertimbangkan lagi predikat Cumlaude kalian. Namun, situasi akan berbeda jika jarang masuk kelas karena kesibukan meraih prestasi.

Selain itu memilih cara belajar yang inovatif sangat penting untuk membantu mendapatkan nilai terbaik. Misalnya mencari referensi belajar yang lebih banyak dibandingkan yang lain. Diskusi langsung dengan dosen, punya koresponden dengan rekan atau dosen luar negeri dan sebagainya.

Mintalah saran dan nasihat dari dosen yang bertugas sebagai penasihat jurusan di kampus. Dekat dengan penasihat akan lebih menguntungkan dalam hal akses informasi maupun kebutuhan jurusan lainnya. Ibarat dirumah, mereka adalah orang tua bagi mahasiswa yang akan membantu masalah dan memberi solusinya.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini