Share

Cegah Paham Radikal, Wapres: Dosen Pendidikan Agama Islam Jadi Garda Terdepan

Binti Mufarida, Sindonews · Kamis 11 Agustus 2022 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 65 2646031 cegah-paham-radikal-wapres-dosen-pendidikan-agama-islam-jadi-garda-terdepan-PpN1ngS7AY.jpg Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin/MPI

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin menegaskan dosen Pendidikan Agama Islam menjadi garda terdepan untuk mencegah paham-paham radikal yang akan menyusupkan ideologonya ke Perguruan Tinggi.

Mengingat, kata Wapres, akhir-akhir ini muncul tantangan berupa paham-paham radikal atau ekstrem baik yang berorientasi kepada agama ataupun ideologi-ideologi lain seperti liberalisme dan juga sekularisme.

“Oleh karena itu kita perlu memperkuat pemahaman dan sikap keagamaan yang moderat melalui berbagai gerakan khususnya di bidang pendidikan agama,” kata Wapres saat membuka Kongres Nasional Pendidikan Agama Islam Ke-5 Tahun 2022, Kamis (11/8/2022).

Wapres mengatakan pengarusutamaan, pembelajaran, dan pemahaman terhadap moderasi beragama memang perlu proses dan tahapan agar terintegrasi ke dalam segala aspek kehidupan termasuk melalui jalur pendidikan.

Hal ini, kata Wapres, perlu diwujudkan dalam program nyata secara struktural baik dari kebijakan yang tepat dari pemerintah pusat dan daerah maupun jalur kultural yakni pendidikan formal dan informal, serta forum dialog dan kerjasama.

“Dosen pendidikan agama Islam di perguruan tinggi umum dapat menjadi garda terdepan dalam menumbuhkan moderasi beragama yang dapat mencegah paham radikal,” tegas Wapres.

Selain itu, Wapres mengatakan dosen juga berperan memberi landasan ideologi bekal ilmu pengetahuan yang lurus bagi mahasiswa untuk menjadi pelopor dan membawa kemaslahatan bagi masyarakat dalam wujud khazanah ilmu dan peradaban Islam yang rahmatan lil alamin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini