Share

Puluhan Penyandang Disabilitas di Jakarta Utara Diberi Pelatihan Seni Rupa Membatik

Yohannes Tobing, Sindonews · Selasa 19 Juli 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 624 2632237 puluhan-penyandang-disabilitas-di-jakarta-utara-diberi-pelatihan-seni-rupa-membatik-ypV31B7Wy5.jpg Puluhan penyandang disabilitas di Jakarta Utara diberi pelatihan seni rupa membatik/Yohannes Tobing

JAKARTA - Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara menggelar kegiatan Pelatihan Seni Rupa Membatik yang dijadwalkan akan berlangsung selama 10 hari di Gedung Aki Tirem, Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Jakarta Utara.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Utara, Muhammad Andri mengatakan dalam kegiatan ini tercatat ada 60 peserta pelatihan.

"Terdiri dari masyarakat umum, komunitas batik warga Rusun Marunda, Dharma Wanita Persatuan Kota Administrasi Jakarta Utara, dan penyandang disabilitas dari empat sekolah," Kata Andri saat dikonfirmasi Selasa (19/7/2022).

Dijelaskan Andri, rangkaian kegiatan pelatihan diawali dengan pendalaman materi tentang sejarah batik, cara pembuatan pola, teknik membatik, peralatan yang digunakan, dan hal lainnya.

Setelah itu, dilanjutkan dengan praktik pembuatan pola batik diatas kertas. Saat ini, sudah mulai bermunculan produk-produk batik dengan beragam corak dan warna yang diminati kalangan muda.

"Setiap kecamatan di Jakarta Utara juga sudah memiliki produk unggulan batik dengan brandnya sendiri. Ini akan terus ditingkatkan kualitasnya sehingga bisa dikenal masyarakat luas," ujarnya.

Andri berharap melalui kegiatan ini masyarakat akan semakin mencintai batik dan bisa meningkatkan keterampilan di bidang seni membatik dan juga sebagai peluang usaha.

"Dalam mengembangkan kerajinan membatik. Siapapun bisa belajar membatik asalkan ada kemauan dan kesempatan," ungkapnya.

Sementara itu, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Utara, Rofiqoh mengungkapkan masyarakat Jakarta Utara diberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan membatik.

"Pelatihan ini juga sebagai upaya untuk peningkatan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di wilayah Jakarta Utara. Mereka diberikan kesempatan yang sama untuk berkreasi dengan belajar membatik," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini