Share

Universitas Terbuka Akan Dorong Perluasan Akses Pendidikan Tinggi untuk Masyarakat

Natalia Bulan, Okezone · Rabu 29 Juni 2022 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 65 2620218 universitas-terbuka-akan-dorong-perluasan-akses-pendidikan-tinggi-untuk-masyarakat-1nF5yTZlKk.jpg Rektor Universitas Terbuka (UT) Profesor Ojat Darojat/Antara

JAKARTA - Rektor Universitas Terbuka (UT) Profesor Ojat Darojat mengatakan pihaknya akan mendorong dan terlihat aktif dalam perluasan akses pendidikan tinggi untuk masyarakat luas.

“Pandemi COVID-19 membawa dua implikasi, satu akibat dengan adanya pandemi tetapi di sisi lain meningkatkan pengembangan pembelajaran jarak jauh di Tanah Air,” ujar Ojat dalam acara wisuda UT periode I tahun akademik 2021/2022 dikutip dari Antara, Rabu (29/6/2022).

UT memiliki peran dalam pendidikan jarak jauh, karena satu-satunya kampus yang mengusung model pendidikan seperti itu.

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, muncullah kampus-kampus yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh.

“Pasar pendidikan yang tadinya cenderung pendidikan jarak jauh oleh UT, akan tetapi sekarang sudah beralih pada pasar persaingan sempurna. UT melihat hal ini sangat positif, dengan akselerasi COVID-19 maka pendidikan jarak jauh semakin dikembangkan,” imbuh dia.

UT akan terus mendorong perluasan akses pendidikan di Tanah Air. Biasanya mahasiswa yang mendatangi kampus akan tetapi di UT, kampus yang akan mendatangi mahasiswa.

“Biaya uang kuliah tunggal (UKT) sangat terjangkau jika dibandingkan kampus lainnya,” jelas dia.

Kemudian daya tampung UT juga tidak dibatasi dan juga waktu tempuh pun tidak dibatasi. Mahasiswa melakukan perkuliahan sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Dalam kesempatan itu, UT mewisuda sebanyak 450 wisudawan yang berasal dari 39 kantor Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT). Wisuda yang diselenggarakan secara bauran tersebut mengusung tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru PTNBH,” terang Ojat.

Dalam kesempatan itu, ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antar pemangku kepentingan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermutu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini