Share

Disdik Akan Tindak ASN yang Berbuat Curang saat Pelaksanaan PPDB 2022

Ervand David, iNews · Sabtu 25 Juni 2022 10:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 624 2618013 disdik-akan-tindak-asn-yang-berbuat-curang-saat-pelaksanaan-ppdb-2022-hIZyZmDvev.jpg Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dendi Supandi/Ervan David

BANDUNG - Pasca adanya temuan dari seorang orangtua siswa yang merasa dirugikan akibat dugaan pungutan luar di SMKN 5 Kota Bandung, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat akan menindak tegas anggotanya yang terbukti melakukan pungli.

Selain itu, dalam kasus SMKN 5 sendiri, terbukti bahwa pihak sekolah menerima sejumlah uang titipan untuk membeli seragam sekolah.

Sanksi yang diberikan cukup tugas, mulai dari pemecatan hingga proses pidana jika memang terbukti bersalah.

Selain itu, Disdik juga telah bekerja asama dengan Saber Pungli Jawa Barat untuk mencegah kecurangan dalam masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022.

Menurut Kadisdik Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi, pada saat ini baru dua kasus yang ditemukan melakukan kecurangan.

Satu kasus terdapat di Kabupaten Sukabumi yang dilakukan oleh oknum ormas dan satu kasus diduga dilakukan oleh pihak sekolah di SMKN 5 Bandung.

"Kita sudah melakukan coba melakukan evaluasi dan pemantauan, karena sebenarnya kami Dinas Pendidikan pada saat pelantikan Satgas Saber Pungli sudah melakukan komitmen untuk kerja sama dengan Satgas Saber Pungli," ungkap Dedi Supandi.

"Kita pun sudah melakukan sosialisasi di seluruh titik cabang dinas yang berada di Provinsi Jawa Barat sebanyak 13 cabang dinas," tambahnya.

Menurutnya, sosialisasi tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir pungutan liar yang terjadi

Terkait kasus SMKN 5, Dedi mengungkapkan bahwa pihak sekolah melakukan pungutan atas titipan dana untuk pembelian seragam.

"Tapi apa pun itu pada saat tim investigasi ada laporan pengaduan dari orangtua, langsung melakukan investigasi dan ternyata ditemukan ditemukan kwitansi," pungkasnya.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Tim Saber Pungli Jawa Barat melakukan pemeriksaan terhadap beberapa ASN dikarenakan adanya dugaan pungli di ranah pendidikan.

Guna mencegah hal serupa, Disdik bekerja sama dengan Saber Pungli untuk mencegah hal serupa kembali terjadi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini