Share

Ada Satu Peserta Belum Vaksin Lengkap, Panitia UTBK SBMPTN 2022 di UNJ Beri Antigen Gratis

Widya Michella, MNC Media · Sabtu 28 Mei 2022 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 28 624 2601779 ada-satu-peserta-belum-vaksin-lengkap-panitia-utbk-sbmptn-2022-di-unj-beri-antigen-gratis-rbcgO61bVD.jpg Peserta belum vaksin lengkap, Panitia UTBK SBMPTN 2022 di UNJ beri antigen gratis/Widya Michella

JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) 2022 gelombang kedua hari pertama di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sesi kedua tengah berlangsung pada hari ini.

Berdasarkan pantauan MNC Portal pukul 12.07 WIB, ratusan peserta tampak dikumpulkan di satu tenda dekat ruangan lokasi ujian di UPT TIK UNJ.

Tampak pula beberapa orang tua dengan muka cemas dan gelisah melihat sang anak yang berkumpul untuk menunggu pelaksanaan ujian sesi kedua ini.

Setelah semua berkumpul, pada pukul 12.23 WIB mereka diperintahkan untuk berbaris menunggu giliran masuk ruangan. Sebelum masuk mereka diperiksa kelengkapan berkas dan diminta membawa sarung tangan.

Bagi mereka yang tidak membawa juga disediakan pihak penyelenggara, dan kembali berbaris untuk disemprot kan handsanitizer setiap satu peserta.

Namun di ratusan peserta tampak ada satu orang yang dipisahkan barisannya. Usut punya usut seorang peserta ini ternyata belum melakukan vaksin dosis satu maupun dua.

Peserta itu bernama, Muhammad Irsyad Habib (18). Pria lulusan MA di daerah Jakarta Barat ini mengaku belum melakukan vaksin lengkap. Padahal vaksin menjadi salah satu persyaratan dalam pelaksanaan UTBK 2022 di UNJ ini.

"Belum vaksin sama sekali. Di pesantren disediakan cuman saya enggak ikut karena belum ada perizinan ortu sampai sekarang,"kata Irsyad kepada MNC Portal, Sabtu, (28/5/2022).

Dia pun mengatakan alasan dirinya tidak diperbolehkan vaksin. Sebab Irsyad memiliki penyakit turunan.

"Saya enggak pernah dibolehin, karena punya turunan penyakit asma,"kata pria yang memilih

jurusan pendidikan dasar UNJ ini.

Sementara itu, dikonfirmasi MNC Portal, Kepala Satgas Covid-19 UNJ, Ruliando Hasea Purba menyampaikan pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan swab antigen gratis di poliklinik UNJ.

"Tadi ada laporan calon mahasiswa yang tidak mempunyai sertifikat vaksin sesuai aturan dia harus mempunyai surat antigen negatif. Jadi karena waktunya sudah mepet kita arahkan ke poliklinik UNJ untuk dilakukan swap antigen,"kata Ruliando.

Kepala Poliklinik UNJ ini mengatakan calon mahasiswa tersebut tetap dapat diperbolehkan memasuki ruangan ujian usai dinyatakan negatif.

"Setelah hasilnya negatif dia diperbolehkan untuk ujian. Asal dengan syarat-syarat yang lain boleh, lengkap,"ujarnya.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini