Share

10 Kampus Vokasi Terbaik Versi Kemenristekdikti, Ini Daftarnya

Rina Anggraeni, Sindonews · Jum'at 27 Mei 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 65 2601117 10-kampus-vokasi-terbaik-versi-kemenristekdikti-ini-daftarnya-raar6TiNan.jpg Ilustrasi (Foto:Freepik)

JAKARTA - Sebanyak 10 kampus vokasi terbaik versi Kemenristekdikti ini dinilai berdasarkan kualitas dari programnya. Pendidikan vokasi tetap menjadi lembaga pengembangan jati diri sumber daya manusia (SDM) yang mampu menciptakan lulusan yang kreatif, berakhlak, dan berintegritas.

Berikut 10 kampus vokasi terbaik versi Kemenristekdikti yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Politeknik Negeri Malang

Politeknik Negeri Malang banyak menelurkan lulusan terbaiknya dari berbagai jurusan untuk memasuki dunia kerja.

Jurusan-jurusan tersebut yaitu Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, Teknik Telekomunikasi, Manajemen Rekayasa Konstruksi, Teknik Sipil, Teknologi Konstruksi Jalan Jembatan dan Bangunan Air, Teknologi Pertambangan, Teknik Kimia, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Jaringan Telekomunikasi Digital, Manajemen Pemasaran,

Teknik Otomotif Elektronik, Teknik Elektro, Keuangan, Teknologi Kimia Industri, Bahasa Inggris, Manajemen Informatika, Teknik Mesin Produksi dan Perawatan, Teknik Mesin, Sistem Kelistrikan, Teknik Informatika, Teknik Listrik, dan Akuntansi Manajemen.

2. Politeknik Negeri Bandung

Salah satu perguruan tinggi vokasi negeri yang terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Mulanya POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Sejak tahun 1999, Politeknik ITB menjadi institusi mandiri yang terpisah dari ITB, sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung. Adapun, politeknik ini terakredisi A dengan semua jurusan.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya secara resmi berdiri sejak tahun 1988.Sebagai sebuah perguruan tinggi politeknik, PENS menyelenggarakan pendidikan vokasi / terapan yang lebih banyak berorientasi pada praktik ketimbang teori. PENS adalah satu-satunya politeknik yang mengkhususkan diri pada bidang teknik elektro.

4. Politeknik Negeri Semarang

Politeknik yang berlokasiĀ  di Jl. Prof. Sudarto ini, punyaĀ  lima jurusan terbaik yang paling banyak diincar oleh calon mahasiswa baru.

Lima jurusan terbaik tersebut, yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Administrasi.Ā 

5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh

Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh yang awalnya dengan nama Politeknik Pertanian Universitas Andalas, berdirinya dimulai adanya program Pemerintah untuk mengembangkan pendidikan Politeknik di Indonesia pada tahun 1980. Politeknik ini menyediakan sekitar 11 program studi yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat dan bakat.

6. Politeknik Negeri Ujung PandangĀ 

Politeknik yangĀ  biasa disingkat PNUP adalah sebuah perguruan tinggi negeri vokasi yang terdapat di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Sebelumnya perguruan tinggi ini merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (Unhas) sehingga bernama Poiteknik Universitas Hasanuddin yang didirikan pada tahun 1987. Pada tahun akademik 1996/1997, Politeknik Universitas Hasanuddin memisahkan diri dari Universitas Hasanuddin dan berdiri sendiri serta berganti nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Untuk jenjang D3 sendiri, Politeknik Negeri Ujung Pandang memiliki 11 program studi. Sementara untuk jenjang S1 Terapan, Politeknik ini menyediakan 10 program studi yang terfokus pada bidang bisnis dan engineering.

7. Politeknik Negeri Jakarta

Politeknik yang lokasinya berada di lingkungan Universitas Indonesia ini, dahulunya merupakan bagian dari Universitas Indonesia. Namun pada Agustus 1998, politeknik ini memutuskan untuk lepas dan memisahkan diri dari UI.Sehingga, politeknik yang dahulunya bernama Politeknik Universitas Indonesia ini, merubah namanya menjadi Politeknik Negeri Jakarta.

8. Politeknik Negeri Padang

Berlokasi di Jalan Kampus, Sumatera Barat, Politeknik Negeri Padang menawarkan biaya per semester yang terbilang sangat murah. Meskipun biaya smester yang murah ternyata kualitas pendidikannya juga sangat baik dari kampus lainnya.Ā 

9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan

Politeknik yang juga disebut dengan Pangkep ini menyediakan dua jenjang studi yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswanya, yaitu jenjang studi D3 dan jenga studi D4.Untuk jenjang studi D3 sendiri terdapat enam program studi, mulai dari Budidaya Perikanan, Agribisnis Perikanan, Perikanan Tangkap, Teknik Kelautan, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, dan Budidaya Tanaman Perkebunan.

Sedangkan untuk jenjang studi D4, program studi yang ditawarkan, yaitu Agroindustri dan Pengelolaan Pelabuhan Perikanan.

10.Politeknik Negeri Bali

Ā Politeknik yang terletak di Jalan Raya Uluwatu ini, memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terdepan penghasil lulusan professional berdaya saing internasional pada tahun 2025.

Berikut informasi 10 kampus vokasi terbaik versi Kemenristekdikti yang bisa direkomendasikan untuk memilih kampus. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini