Share

Kampus dengan Jumlah Mahasiswa Luar Negeri Paling Banyak, Ada yang Lebih dari 20.000 Orang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 04 Mei 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 03 65 2588694 kampus-dengan-jumlah-mahasiswa-luar-negeri-paling-banyak-ada-yang-lebih-dari-20-000-orang-e8nDuXisCo.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA - Tren berkuliah di negeri orang memang sudah terjadi sejak lama. Bahkan, beberapa tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia, seperti Bung Hatta, menimba ilmu ke luar negeri.

Semakin lama, semakin banyak pula mahasiswa asing yang memutuskan untuk belajar di universitas luar negeri. Berikut adalah 4 kampus dengan jumlah mahasiswa luar negeri terbanyak.

Universitas Sydney

Australia memiliki satu universitas terkemuka dan menjadi primadona bagi mahasiswa asing, yakni Universitas Sydney. Menurut data yang ada di laman Study in Australia, universitas ini memiliki 25.532 mahasiswa dari negara lain atau 38,2% dari total mahasiswanya. Universitas ini juga memiliki sekitar 380 ribu alumni yang berasal dari 170 negara berbeda.

Universitas Oxford

Universitas bergengsi dunia yang memiliki banyak mahasiswa internasional adalah Oxford di Inggris. Melansir laman resmi Universitas Oxford, jumlah mahasiswa asing di kampus tersebut mencapai 11.500 orang, atau 43% dari total mahasiswanya.

Sebagai jajaran dari universitas terbaik di dunia, seleksi masuk Oxford sangat kental dan kompetitif. Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021, pihak kampus menerima 34.500 ribu lamaran calon mahasiswa. Sementara itu, Universitas Oxford menyumbang 15,7 miliar Euro untuk pendapatan Inggris.

Universitas Colombia

Sebanyak 11.269 mahasiswa internasional tercatat menimba ilmu di Universitas Colombia, Amerika Serikat. Mengutip informasi pada laman College Factual, total mahasiswa yang berkuliah di universitas ini mencapai 31.077 orang.

Mahasiswa asing yang belajar di universitas ini berasal dari 50 negara berbeda. India, China, dan Korea Selatan adalah 3 negara dengan komposisi mahasiswa terbanyak di kampus ini.

Universitas Harvard

Universitas Harvard di Amerika Serikat merupakan salah satu universitas terbaik di dunia yang memiliki mahasiswa asing sebanyak 7.274 orang. Melansir laporan yang dirilis oleh College Factual, ada 50 negara yang mahasiswanya berkuliah di kampus tersebut.

Akan tetapi, hanya 3 negara dengan mahasiswa yang sangat mendominasi Harvard, yakni India, China, dan Kanada. Total mahasiswa yang berkuliah di Universitas Harvard adalah 31.566 orang.

*diolah dari berbagai sumber

Ajeng Wirachmi/Litbang MPI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini