Share

3 Contoh Perusahaan yang Bergerak di Bidang Jasa, Apa Saja?

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 19 April 2022 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 19 624 2581560 3-contoh-perusahaan-yang-bergerak-di-bidang-jasa-apa-saja-cV1Q4LGXtN.jpg Tiga contoh perusahaan yang bergerak di bidang jasa. (Ilustrasi/PT KAI)

TIGA contoh perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Perusahaan di bidang jasa sebenarnya mudah ditemui di kehidupan sehari-hari. Hanya saja, tidak semua mengetahui apa pengertian dan contoh perusahaan jasa.

Berbeda dengan perusahaan dagang atau manufaktur, perusahaan jasa menjual jasa atau pelayanan sebagai produknya kepada konsumen. Maka tak heran, perusahaan jasa berupaya memberikan pelayanan yang baik agar bisnisnya bisa berjalan dalam jangka panjang.

Untuk memahami lebih jauh tentang perusahaan di bidang jasa, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Perusahaan Jasa

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), perusahaan jasa adalah perusahaan yang produk usahanya berupa jasa bukan barang, misalnya pariwisata, pelayanan, dan sebagainya.

Menurut Philip Kotler, perusahaan jasa adalah perusahaan yang menawarkan produk yang bersifat tidak berwujud tapi manfaatnya dapat dirasakan. Transaksi di perusahaan jasa tidak ada perpindahan kepemilikan.

Sementara, William J. Stanton beranggapan bahwa perusahaan jasa adalah perusahaan yang tugasnya menjual jasa yang tidak memiliki wujud konkret.

Sehingga, secara umum perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa atau pelayanan. Jasa di sini ditawarkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Contoh Perusahaan Jasa

Adapun contoh perusahaan jasa sesuai bidang yang tercatat dalam Bursa Efek Indonesia, antara lain:

Contoh perusahaan jasa di bidang transportasi: PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan lain-lain.

Contoh perusahaan jasa di bidang telekomunikasi: PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan PT Indosat Tbk.

Contoh perusahaan jasa di bidang kesehatan: PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk, PT Prodia Widyahusada Tbk, dan lainnya.

Demikian pengertian dan 3 contoh dari perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

(erh)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini