Share

Kue Kering dan Parcel Ala Pelajar SMK Laku di Pasar Online

Deni Irwansyah, iNews · Senin 11 April 2022 11:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 624 2576758 kue-kering-dan-parcel-ala-pelajar-smk-laku-di-pasar-online-p3lr758uRc.JPG Pelajar SMK di Malang membuat kue kering dan dijual di Medsos (Foto: iNews/Deni)

MALANG - Tidak hanya pelaku usaha kecil, bisnis kue kering di bulan Ramadhan juga ditekuni oleh sekelompok pelajar, di Kota Malang, Jawa Timur.

Melalui mata pelajaran bakery, selain menambah pengalaman, kegiatan ini juga menambah uang saku mereka, karena laris manis saat dipasarkan melalui online.

Dapur laboratorium bakery di SMK Prajnaparamita, di Jalan Serayu Kota Malang, sibuk sejak pagi hari. Terlihat sekelompok pelajar dari jurusan perhotelan, membuat adonan, mencetak kue kering, mengukus kue, hingga mengemas toples kue kering serta aneka parcel lebaran.

Menjelang pertengahan bulan Ramadhan ini, mereka sudah mengerjakan pesanan ratusan toples kue kering, kemasan dua ratus gram. Pesanan kue kering lebaran sudah berdatangan, sejak awal bulan ramadhan.

Guru pendamping, Wahyu Retno Dewi, mengatakan, bahwa di luar bulan Ramadhan, siswa juga diajak belajar berbisnis roti, pastry, serta frozen food. Di momen bulan Ramadhan, siswa diajak berbisnis kue kering atau cookies lebaran, karena memiliki pangsa pasar yang bagus.

"Total ada lima kelompok siswa, yang mengerjakan pesanan secara bergantian di dapur sekolah. Masing masing kelompok, telah mengerjakan hingga 500 toples. Pemesan mayoritas didapatkan dari media sosial," jelas Wahyu.

Pengalaman berbisnis ini, menjadi hal berharga bagi siswa. Selain bisa belajar membuat kue kering mulai nastar, sagu keju, hingga kastengel, siswa juga mendapat uang saku tambahan dari kegiatannya ini.

Cookies yang dibuat dijual mulai harga Rp25 ribu per toplesnya. Tersedia juga kemasan hampers lebaran. Karena pesanan yang membludak, mereka membatasi pesanan sampai pertengahan bulan mendatang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini