Share

Inovatif! UI Ciptakan Kipas untuk Penderita Alergi dan Tangkal Polusi Udara

Antara, · Senin 04 April 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 04 65 2572757 inovatif-ui-ciptakan-kipas-untuk-penderita-alergi-dan-tangkal-polusi-udara-SxrA4VdET8.jpg Foto: Humas UI

DEPOK- Universitas Indonesia (UI) bersama PT Astra Komponen Indonesia (ASKI) membuat inovasi terbaru Grin Plasmafan. Alat ini merupakan kipas angin yang dilengkapi dengan ion generator (ionizer) yang mampu menghasilkan 20 juta ion per cm3 ion negatif.

(Baca juga: Tak Disangka! Mahasiswi Cantik dari UI Ini Ternyata Mantan Pasien Rumah Sakit Jiwa)

Grin Plasmafan menggunakan Teknologi Plasma Basah yang dikembangkan oleh Guru Besar Teknik Kimia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Setijo Bismo dan tim.

"Grin Plasmafan bekerja dengan mengembuskan angin sekaligus menyemburkan ion negatif ke udara, yang secara otomatis akan menetralisir udara dengan membunuh partikel polusi, bakteri, dan virus," kata Guru Besar Teknik Kimia FTUI, Setijo Bismo, dalam keterangannya, Senin (4/4/2022).

Dengan hanya menghirup ion negatif, level serotonin dalam darah dapat berkurang, sehingga menimbulkan efek relaksasi dan melindungi paru-paru dari iritasi dan peradangan. Ion negatif juga dapat menurunkan gangguan pernapasan seperti batuk, flu, dan asma.

"Selain digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, produk ini juga dapat membantu penderita alergi," kata Setijo Bismo, menjelaskan teknologi Grin Plasmafan.

Teknologi ini bekerja sedemikian rupa, sehingga menghasilkan ion-ion O2[-] (superoksida), H2O[-] (air), dan radikal [-]OH (hidroksil), yang berbentuk ion-ion negatif ataupun radikal yang banyak dijumpai di daerah pegunungan.

Berkat sistem konveksi paksa dari teknologi plasma basah ini, Grin Plasmafan akan mampu mengolah dan menangani polusi udara, sekaligus berperan sebagai disinfektan elektronik yang bekerja dengan mekanisme difusi secara cepat dan sistemik.

Dekan FTUI, Heri Hermansyah, menambahkan, inovasi di FTUI selalu kami dorong ke arah yang relevan dan berdampak bagi masyarakat dan bangsa Indonesia. Grin Plasmafan menjawab kebutuhan masyarakat akan produk yang memiliki teknologi membersihkan udara dan menjaga kualitas udara.

"Tidak hanya itu, kipas angin dengan ion generator ini membantu menyejukkan dan melancarkan sirkulasi udara dengan lebih baik. Alat ini akan sangat berguna bagi sekolah maupun kantor, yang saat ini bersiap menghadapi kegiatan tatap muka secara penuh setelah dua tahun pandemi,” katanya.

Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang dilakukan oleh tim FTUI, purifikasi atau usaha membersihkan udara dengan ion negatif dari Teknologi Plasma Basah terbukti mampu menghilangkan 99 persen virus dan lebih dari 90% bakteri di udara hanya dalam waktu 10 menit.

Selain itu, ion negatif ini juga dapat mencegah tumbuhnya jamur pada makanan, perabotan rumah, sepatu, dan lain sebagainya. Ion negatif juga bermanfaat untuk menghilangkan debu, tungau, serbuk sari di udara, serta melembabkan kulit.

Grin Plasmafan dilengkapi dengan dua level kecepatan angin yang dapat dipilih, 100 derajat arah perputaran angin, serta dimensi produk kompak yang hanya 130 x 300 mm, sehingga dapat dengan mudah dipindahkan dan dibawa ke mana saja.

Grin Plasmafan terbuat dari material plastik ABS berkualitas dengan konsumsi daya rendah 25 Watt, serta 4 buah anti-slip mat dari karet pada bagian bawah produk sehingga lebih aman dan stabil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini