Share

Usaha Pelajar untuk Memperoleh Prestasi yang Memuaskan, Apa yang Harus Dilakukan?

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Jum'at 01 April 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 624 2571470 usaha-pelajar-untuk-memperoleh-prestasi-yang-memuaskan-apa-yang-harus-dilakukan-A4IfK2ijbc.jpg ilustrasi.

JAKARTA - Usaha pelajar untuk memperoleh prestasi yang memuaskan dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah konsisten dan percaya pada diri sendiri. Memiliki prestasi yang memuaskan adalah cita-cita dari semua pelajar.

Dengan memiliki prestasi yang memuaskan, tentunya akan membawa sebuah kebanggan tersendiri. Kebanggan yang ditujukan untuk diri sendiri, kedua orang tua, lingkungan sekitar, dan tentunya sekolah. Prestasi dalam bersekolah dibagi menjadi dua, yaitu prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan para pelajar sebagai usaha untuk memperoleh prestasi yang memuaskan.

1. Kenali potensi diri

Potensi diri setiap pelajar tentunya berbeda-beda. Ada yang berpotensi dalam bidang akademik dan ada juga yang berpotensi dalam bidang non akademik. Dengan mengetahui potensi diri, akan memper mudah anda dalam menentukan cara-cara selanjutnya.

BACA JUGA: Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Merusak Prestasi Seseorang, Jangan Dilakukan! 

2.Menguasai cara belajar yang baik dan benar

Jika sudah tahu potensi diri yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah dengan menguasai cara belajar yang benar. Cara belajar yang baik adalah belajar yang efektid dan efisien. Tak hanya itu, melakukan banyak latihan juga akan melatih potensi diri agar semakin baik.

3. Dapat membagi waktu

Seorang pelajar tentunya harus bisa membagi waktu kapan harus belajar, bermain, latihan, dan beristirahat. Tantangan yang ada pada saat ini adalah adanya gadget. Biasanya pelajar dan anak muda tidak sadar telat menyianyiakan waktu dengan bermain bersama gadget. Maka dari itu, bijaklah dalam membagi waktu.

4. Memiliki sikap dan tingkah laku yang baik

Sikap dan tingkah laku yang baik akan mempermudah anda dilirik oleh guru jika ada seleksi kejuaraan. Dengan sikap dan tingkah laku yang baik pula akan memberika contoh yang baik pada sesama pelajar dan dapat membawa citra yang baik bagi sekolah.

5 Memiliki Motivasi

Memiliki motivasi juga memberikan peran penting dalam upaya mendapatkan prestasi. Dengan adanya motivasi, anda tidak akan mudah menyerah jika mengalami kesulitan atau kegagalan selama proses perjalanan anda mencapai prestasi yang memuaskan.

6. Rajin beribadah dan meminta restu orang tua

Libatkan Tuhan disetiap langkah menuju tujuan yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Tak hanya itu, mintalah restu kepada kedua orang tua juga.

Demikian usaha pelajar untuk memperoleh prestasi yang memuaskan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini