Share

Kebiasaan-Kebiasaan yang Dapat Merusak Prestasi Seseorang, Jangan Dilakukan!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 30 Maret 2022 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 30 624 2570299 kebiasaan-kebiasaan-yang-dapat-merusak-prestasi-seseorang-jangan-dilakukan-QAte5dMXv1.jpg Ilustrasi. (Foto: freepik)

JAKARTA - Prestasi umumnya menjadi salah satu cita-cita bagi setiap orang. Prestasi tidak hanya bisa didapat saat berada di bangku sekolah melainkan di lingkungan pekerjaan dan lainnya.

Prestasi bisa saja berupa keberhasilan akademik, non akademik, atau pencapaian karier. Untuk mencapainya memang membutuhkan waktu yang lama dan menguras tenaga cukup banyak.

Namun, tak jarang ada kebiasaan-kebiasaan tertentu yang dapat merusak prestasi seseorang. Lantas, apa saja kebiasaan yang dapat merusak prestasi? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

1. Tidur terlalu malam atau begadang

Terkadang saking asyiknya belajar atau mengerjakan sesuatu, seseorang tanpa sadar mengabaikan jam tidur yang optimal bahkan ada yang sampai begadang. Tapi tahukah Anda jika kebiasaan itu dapat merusak prestasi? Ya, dengan pola tidur yang tidak optimal dapat mempengaruhi kesehatan tubuh bahkan mempengaruhi fokus.

Maka dari itu, alangkah baiknya mengatur pola tidur dengan tidur 8 jam sehari agar fokus dalam pekerjaan tidak terganggu.

2. Terlalu banyak bermain gawai

Saat ini, tidak bisa dipungkiri gawai menjadi salah satu perangkat elektronik yang membantu dalam mengatasi pekerjaan. Meski banyak memiliki nilai positif dalam membantu seseorang untuk berprestasi, tetapi gawai juga dapat merusak prestasi seseorang.

Dengan kebiasaan berlama-lama menggunakan gawai, tanpa sadar kewajiban belajar dan menyelesaikan tugas terbengkalai sehingga menyebabkan prestasi menurun. Oleh sebab itu, alangkah baiknya membatasi penggunaan gawai dalam keseharian.

3. Malas membaca

Masih ingat pepatah buku adalah jendela dunia? Ya, tanpa disadari pepatah tersebut memang benar adanya. Dengan membaca buku terutama buku dapat membantu Anda lebih memahami tentang materi yang ada dan menambah wawasan.

Tentunya dengan membaca buku akan membantu Anda menjadi lebih berprestasi. Namun, sebaliknya jika Anda malas membaca akan merusak prestasi.

4. Tidak dapat mengatur waktu

Umumnya, ada sebagian orang yang dapat mengerjakan sesuatu secara bersamaan atau biasa disebut multitalenta. Namun, tak jarang ada orang yang hanya bisa fokus mengerjakan satu hal.

Jika Anda seorang yang multitalenta, alangkah baiknya Anda dapat mengatur waktu dengan baik agar semua pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Jika tidak dapat mempengaruhi prestasi Anda.

Demikianlah kebiasaan yang dapat merusak prestasi seseorang. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini