Share

PTM 100% di Bali Kembali Dibuka, Sebagian Besar Sekolah Masih Tetap Belajar Daring

I Gusti Bagus Alit Sidi, iNews · Jum'at 01 April 2022 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 01 624 2571416 ptm-100-di-bali-kembali-dibuka-sebagian-besar-sekolah-masih-tetap-belajar-daring-UEl77DtnjT.jpg Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) (Foto: Okezone)

BALI - Dinas Pendidikan Provinsi Bali telah memberi ‘lampu hijau’ terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di Bali yang diterapkan terhitung mulai jumat 1 april 2022. Namun sejumlah sekolah di Kabupaten Badung, Bali, terpantau belum mulai pembelajaran secara tatap muka. Sebagian besar sekolah masih tetap memberlakukan pembelajaran via daring atau online dan diperkirakan baru akan melaksanakan pembelajaran secara tatap muka mulai Senin (4/4) mendatang.

Berdasarkan pantauan di SMPN 2 Kuta, Badung, Bali, belum terlihat ada pembelajaran secara tatap muka. Suasana sekolah tampak masih lengang karena proses belajar mengajar diperkirakan baru dimulai pada Senin (4/4) mendatang.

Sementara itu, sejumlah petugas terlihat sibuk melakukan sejumlah persiapan salah satunya dengan penyemprotkan cairan desinfektan ke setiap ruangan kelas mulai dari pintu masuk kelas, bangku dan meja para siswa, hingga setiap sudut ruangan kelas.

Baca juga: PTM 100% Kembali Digelar di Surabaya, Sekolah Wajib Kantongi Izin Orangtua

Pembelajaran secara tatap muka di Kabupaten Badung sempat digelar sejak 1 oktober 2021 lalu mengacu pada SKB 4 Menteri, Surat Edaran Gubernur Bali, Surat Edaran Bupati Badung, serta ketentuan dari Disdikpora Badung.

Baca juga: PTM Jadi Daring, Ini Tips Psikolog UB ke Orangtua dan Guru

Namun seiring dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Bali, pembelajaran secara tatap muka dihentikan sejak Februari lalu dan diambil kebijakan untuk kembali melakukan belajar mengajar secara daring.

Saat ini kasus Covid-19 tercatat mulai melandai di Bali, sehingga Pemprov Bali kembali membuka pembelajaran secara tatap muka untuk semua jenjang pendidikan.

PTM akan digelar setiap hari dengan peserta didik yang hadir mencapai 100 persen dan durasi belajar maksimal 6 jam setiap hari.

Mengantisipasi munculnya klaster sekolah, beberapa aturan baru pun diberlakukan diantaranya kantin di sekolah belum diizinkan dibuka dan kegiatan ekstrakurikuler tetap ditiadakan.

Vaksin booster tidak dijadikan syarat dalam penerapan PTM 100 ini karena capaian vaksinasi terhadap para guru sudah mencapai 97 persen.

Satgas Penanganan Covid-19 Bali mengingatkan meski Bali telah masuk PPKM Level Dua, namun diharapkan penerapan protokol kesehatan (prokes) selama PTM tetap ketat dan konsisten.

Apabila terdapat peserta didik, guru, atau tenaga kependidikan yang terkonfirmasi positif agar segera berkoordinasi dengan satgas penanganan wilayah setempat serta menghentikan PTM untuk sementara waktu hingga ada izin dari Satgas Penanganan Covid-19 wilayah setempat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini