Share

Tokoh-Tokoh Dunia yang Tidak Menikah, dari Nikola Tesla hingga Newton

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 27 Maret 2022 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 624 2567147 tokoh-tokoh-dunia-yang-tidak-menikah-dari-nikola-tesla-hingga-newton-YHI6aFnXUw.jpg Isaac Newton. (Foto: The Guardian)

JAKARTA - Beberapa orang jenius di dunia, ketika kebanyakan orang yang sudah menginjak usia 30-an sudah memikirkan bagaimana pasangan dan kehidupan rumah tangga mereka, mereka justru memilih melajang seumur hidupnya.

Terlalu sibuk berinovasi dan mengembangkan ide-ide mungkin menjadi alasan mengapa pernikahan menjadi sesuatu yang tidak perlu diprioritaskan. Selain para jenius, siapa saja tokoh dunia yang tidak menikah? Berikut daftarnya.

• Nikola Tesla

Si penemu listrik, Nikola Tesla, adalah fisikawan dan insiyur Amerika-Serbia. Kontribusinya dalam kelistrikan sudah tidak terbantah lagi. Selama 86 tahun hidupnya, dia telah memiliki lebih dari 300 hak paten untuk seluruh karya ciptanya, termasuk listrik arus bolak-balik (AC), motor elektrik, radio, dan masih banyak lagi.

Namun, selama itu pula, Tesla tidak pernah menikah atau jatuh cinta. Dia berpendapat bahwa pernikahan atau seks bisa membatasi cara berpikirnya. Tesla juga berkata bahwa dia lebih tertarik menjalin hubungan dengan burung merpati sebagaimana seorang pria mencintai wanita.

• Voltaire

François-Marie Aroue, atau lebih dikenal sebagai Voltaire, adalah filsuf, penulis, dan sejarawan asal Prancis. Voltaire produktif menghasilkan karya sastra seperti daram, puisi, novel, esai, dan lain-lain. Menghasilkan lebih dari 20.000 surat dan 2.000 buku dan pamflet.

Voltaire berpengaruh besar dalam perkembangan historiografi. Salah satu karya prosanya yang terkenal adalah Candide, novel satir yang diterbitkan pertama kali pada 1759, tentang kisah anak muda bernama Candide yang melancong ke berbagai tempat untuk menyelamatkan kekasihnya. Voltaire tidak pernah menikah semasa hidupnya.

Namun, dia jatuh cinta kepada Emilie du Châtelet yang intelek dan penyuka matematika. Sayangnya, Emilie telah bersuami, sehingga keduanya hanya bisa berakhir dalam hubungan gelap.

• Isaac Newton

Sir Isaac Newton selalu dipandang sebagai fisikawan, matematikawan, dan ilmuwan paling berpengaruh sepanjang sejarah. Bahkan ia dijuluki sebagai Bapak Ilmu Fisika Klasik. Dialah orang yang menemukan teori gravitasi yang kita yakini saat ini, berawal dari jatuhnya apel yang menimpa kepalanya.

Newton juga mengembangkan kalkulus diferensial, membuat teleskop pemantul, dan pencetus teori warna. Newton menghabiskan tumbuh di Lincolnshire dan menghabiskan masa kecilnya bersama sang nenek, karena ibunya berkali-kali menikah hingga sering mengabaikannya.

Mungkin itulah yang membuat Newton memilih untuk tidak pernah menikah. Banyak juga yang percaya bahwa dia tidak pernah berhubungan seksual seumur hidup.

• Oprah Winfrey

Namanya menjadi terkenal karena membawakan talkshow populer Amerika Serikat, The Oprah Winfrey Show. Dia adalah selebriti yang masuk ke daftar miliarder dunia versi majalah Forbes dengan kekayaan hingga USD2,7 miliar.

Pada tahun 1986, Oprah berkencan dengan duda pengusaha kaya Stedman Graham. Mereka tinggal bersama, pernah bertunangan, tapi tidak pernah menikah. Oprah mengatakan bahwa sebenarnya, dia tidak menginginkan sebuah pernikahan. Ketika Graham melamarnya, Oprah merasa ragu karena tidak ingin sebuah komitmen dan ingin hidup dengan caranya sendiri.

• Ratu Elizabeth I

Ratu Elizabeth I lahir di Istana Greenwich pada 7 September 1533 dan merupakan anak kedua dari raja Henry VIII dan Anne Boleyn. Dia adalah ratu Kerajaan Inggris dan Irlandia yang dijuluki sebagai “The Virgin Queen” atau Ratu Perawan karena memutuskan tidak menikah seumur hidupnya.

Meskipun Ratu Elizabeth menerima banyak lamaran, dia tetap bersikukuh dengan prinsipnya. Alasannya masih belum jelas, namun beberapa sejarawan mengemukakan teori seperti mandul atau mungkin Ratu Elizabeth memang tidak tertarik untuk berhubungan.

Elizabeth sempat jatuh cinta pada teman masa kecilnya Robert Dudley dan ingin menikahi pria itu setelah istri Robert meninggal. Namun, beberapa bangsawan menolak tegas keinginan Ratu Elizabeth.

Dilansir dari berbagai sumber:

Alifia Nur Faiza/Litbang MPI 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini