Share

Tokoh-Tokoh Antariksa Rusia, Yuri Gagarin Manusia Pertama yang Terbang ke Luar Angkasa

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Sabtu 12 Maret 2022 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 624 2558730 tokoh-tokoh-antariksa-rusia-yuri-gagarin-manusia-pertama-yang-terbang-ke-luar-angkasa-GQao7oT6nZ.jpg Yuri Gagarin. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Dunia luar angkasa menarik untuk dijelajahi. Melakukan perjalanan ke luar angkasa adalah satu pencapaian terbesar yang dilakukan manusia. Tak mudah melakukan perjalanan ini, diperlukan kesiapan yang matang agar misi berjalan dengan baik.

Perjalanan ke luar angkasa ini pernah dilakukan oleh beberapa negara, salah satunya adalah Rusia. Berikut tokoh-tokoh antariksa Rusia.

Yuri Gagarin

Yuri Gagarin merupakan asronot asal Rusia. Ia mempunyai nama lengkap Yuri Alekseyevich Gagarin. Gagarin lahir pada 9 Maret 1934 di Desa Klushino dekat Gzhatsk, Smolensk Oblast, Rusia. Ia anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Alexey Ivanovich Gagarin dan Anna Timofeyevna. Pada 1951, Gagarin menyelesaikan sekolah di Moskow.

Kemudian melanjutkan ke kampus perindustrian di Saratov. Sambil kuliah, ia mengambil kursus penerbangan. Setelah selesai kursus penerbangan, ia melanjutkan sekolah Angkatan Udara Uni Soviet. Lulus dari Angkatan Udara, ia ditugaskan di pangkalan udara Luostari di Murmansk Oblast. Karier Gagarin berjalan dengan baik. Pada 1957, ia diangkat menjadi letnan dan akhirnya menjadi letnan senior pada 1959.

Gagarin terpilih menjadi satu dari 20 pilot angkatan udara yang direkomendasikan untuk masuk dalam program luar angkasa Uni Soviet pada 1960. Ia pun lolos seleksi dan menjadi salah satu pilot dari kelompok pelatihan elite Sochi Six. Kelompok ini akan menjadi calon astronot pertama pada program Vostok. Kemudian terpilih dua kandidat utama, yaitu Yuri Gagarin dan Gherman Titov.

Hingga akhirnya pada Agustus 1960, dokter Angkatan Udara Uni Soviet memilih Yuri Gagarin sebagai astronot pada program Vostok yang pertama. Pada 12 April 1961, Gagarin melakukan misi penerbangan luar angkasa menggunakan roket Vostok 3KA-3. Roket tersebut diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur. Keberhasilannya melakukan misi penerbangan ini membuat Gagarin dikenal sebagai manusia pertama yang ke luar angkasa.

Alexei Leonov

Alexei Leonov adalah astronot asal Rusia. Ia merupakan orang pertama yang berjalan di luar angkasa (spacewalk). Alexia Leonov lahir di Listvyanka, Krai Siberia Barat. Leonov adalah anak kedelapan dari sembilan bersaudara.

Sejak kecil, ia sudah mempunyai bakat melukis. Ia pun jatuh cinta dengan dunia penerbangan, hingga akhirnya ia bercita-cita sebagai penerbang. Enam tahun di perguruan tinggi pilot Kremenchug dan Chuguyev di Ukraina (saat itu Uni Soviet), Leonov berhasil lulus dari pelatih Yak11 bermesin baling-baling ke jet tempur subsonik MiG15 dan MiG17.

Leonov menjadi salah satu dari delapan pilot yang dipilih untuk misi baru ke luar angkasa pada 1959. Pada 1965, ia melakukan misi penerbangan pertamanya di Voskhod-2 untuk misi spacewalking pertama. Namun perjalanan pertamanya ke luar angkasa tidak berjalan mulus.

Misi spacewalk yang pertama ini hampir berakhir fatal serta mengalami keadaan darurat. Astronot pun harus kembali ke Bumi di bawah kendali manual. Pesawat ruang angkasa itu berhasil mendarat di Pegunungan Ural yang tertutup salju.

Valentina Tereshkova

Valentina Tereshkova lahir di Yaroslavl Oblast, Rusia pada 3 Maret 1937. Ia mempunyai nama lengkap Valentina Vladimirovna Tereshkova. Tereshkova menjadi wanita pertama yang ke luar angkasa. Ia terpilih dari lebih dari 400 pelamar untuk diluncurkan pada misi Vostok 6 pada 16 Juni 1963.

Sebelum menjadi astronot, ia bekerja di sebuah pabrik tekstil. Kemudian ia mencoba terjun payung di bawah naungan perusahaan lokal. Ia pun akhirnya tertarik pada program penerbangan luar angkasa.

Tepat pada 16 Juni 1963, pesawat Tereshkova dipandu oleh sistem kontrol otomatis. Setelah tiga hari berada di angkasa, pada 19 Juni 1963 Tereshkova kembali memasuki Bumi. Ketika berada di ketinggian 20.000 kaki di atas Bumi, Tereshkova menerjunkan dirinya.

Hingga akhirnya ia mendarat ke Bumi dengan selamat. Tereshkova pun mempunyai beberapa penghargaan, salah satunya "Gold Star" Hero of Socialist Labour (Czechoslovakia) pada Agustus 1963.

*Diolah dari berbagai sumber:

Tika Vidya Utami/Litbang MPI

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini